Kota Tegal Tampilkan Kesenian Balo Balo di Apeksi XII

Minggu, 23 Juli 2017

Indolinear.com, Malang – Pawai Budaya Nusantara mewarnai hari kedua penyelanggaraan Apeksi XII di Kota Malang. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Rakernas Apeksi XII yang menampilkan kesenian dari 98 Kota di Indonesia.

Aneka atraksi diperagakan satu per satu oleh peserta pawai budaya yang menampilkan kesenian dari daerahnya masing-masing dihadapan para wali kota yang duduk di panggung kehormatan.

Gelaran Pawai Budaya Nusantara ini di mulai dari Jalan Ijen dan berakhir di Jalan Semeru Kota Malang. Ribuan masyarakat Kota Malang bahkan sangat antuasisme menyaksikan pawai budaya tersebut, terlihat ribuan masyarakat Kota Malang memenuhi ruas jalan sepanjang rute yang dilalui peserta pawai budaya.

Pawai diawali pertunjukan Kesenian Kota Malang selaku tuan rumah yang menampilkan berbagai tarian dan kesenian seperti Tari Topeng dan Kesenian Barong. Tidak ketinggalan, Kota Tegal dalam pagelaran tersebut menampilkan Kesenian Balo-balo dan Tari Merak serta peragaan Fashon Show  yang diperagakan oleh puluhan seniman, penari dan pelajar dari Kota Tegal.

Wali Kota Tegal, KMT Hj Siti Masitha Soeparno bahkan ikut menyambut langsung kedatangan rombongan peserta Pawai dari Kota Tegal sesampainya di panggung kehormatan.

Seperti dareah lainnya, wali kota juga memberikan cenderamata Khas Kota Tegal kepada Wali Kota Malang Mochamad Anton dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi H. Airin Rachmi Diany berupa satu set poci tanah liat serta Batik Tegalan yang dibawa langsung oleh peserta pawai.

Ikut Bergabung

Wali Kota juga ikut bergabung berjalan kaki bersama rombongan pawai Kota Tegal menuju tempat dibukanya Indonesia City Ekspo yang diselenggarakan di Station Luar Gayajana Kota Malang.

Sementara itu, dalam keterangannya wali kota mengatakan Pawai Budaya Nusantara merupakan salah satu ajang promosi yang sangat potensial untuk mengenal potensi wisata Kota Tegal melalui berbagai pertunjukan kesenian yang ditampilkan.

“Kota Tegal harus menangkap peluang-peluang bagus untuk sekaligus menjadikannya sebagai ajang promosi wisata melalui kesenian”,ucapnya.

Wali Kota berharap dengan tampilnya Kota Tegal di Pawai Budaya Nusantara kali ini, masyarakat malang secara khusus dan Indoneisa secara umum dapat makin mengenal Kota Tegal. “Saya berharap dengan tampilanya Kota Tegal di ajang ini, masayarakt dari laur daerah, semakin kenal dan mau berkunjung untuk menikmati keindahan Kota Tegal,” tandasnya.(Gie)