Kota Tangerang Di Malam Hari Yang Menawan Hati

merdekacom/indolinear.com
Jumat, 7 September 2018

Indolinear.com, Kota Tangerang – Penerangan jalan di pemukiman maupun jalan protokol menjadi salah satu program yang akan dituntaskan oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin dalam kurun waktu lima tahun menjabat sejak 2013 hingga akhir tahun 2018.

Pemerintah Kota Tangerang pun meluncurkan program Tangerang Terang yang terbagi dalam dua jenis yakni Tangerang Terang untuk pemasangan jalan umum di protokol dan Kampung Terang yaitu pemasangan lampu jalan di pemukiman/gang rumah warga.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pemasangan PJU di jalan – jalan protokol hingga pemukiman bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada warga, baik yang berkendaraan maupun melakukan aktivitas pada malam hari.

Diakuinya, penerangan jalan dapat menekan angka kriminalitas dan juga kegiatan masyarakat di lingkungannya. Termasuk juga pencurian listrik secara ilegal untuk penerangan jalan. Pemerintah Kota Tangerang pun memaksimalkan pengelolaan dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

“Kita kembalikan lagi pajak yang dibayarkan oleh warga kepada warga. Kita kelola dan bentuk program yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Jadi, tak ada lagi pemukiman yang gelap sebab pemasangannya sudah masif,” ujarnya, dilansir dari Merdeka.com (06/09/2018)

Wali Kota Arief juga menuturkan, dalam pemasangan PJU untuk program Kampung Terang ini dilibatkan peran serta masyarakat. Melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) pemasangan dilakukan secara global hingga ke gang rumah warga.

Tujuannya adalah agar masyarakat ikut serta dalam pembangunan dan mengetahui titik pemasangan PJU Kampung Terang. Selain itu, Pemkot pun ikut menyerap aspirasi warga dari pemasangan penerangan jalan itu.

Kemudian, dirinya juga berharap agar masyarakat yang pemukimannya telah dipasang PJU agar dapat dirawat dan melapor jika ditemukannya kerusakan. Pasalnya, Dishub sudah menyiapkan tim yang khusus penanganan PJU.

Disisi lain, Wali Kota juga mengungkapkan bila penerangan jalan pun dapat mempercantik penataan kota. Misalnya saja di sepanjang bantaran sungai cisadane yang kini terpasang lampu warna warni sehingga menjadi Pesona Tangerang di malam hari yang menawan.

“Kota Tangerang telah menjadi pusat industri dan jasa dan kota yang menarik untuk wisata. Baik di pagi maupun malam hari. Warga tak lagi khawatir ketika berjalan di malam hari sebab sudah ada penerangan jalan,” paparnya. (Uli)