Kota Tangerang Akan Punya Waterway Pada Triwulan Ketiga 2020

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 19 Januari 2020

Indolinear.com, Kota Tangerang – Walikota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, Pemkot Tangerang akan mewujudkan transportasi air umum atau waterway di sepanjang Sungai Cisadane pada triwulan ketiga 2020 ini.

“Di triwulan ketiga, waterway kami akan uji coba juga,” kata dia saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, di Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, dilansir dari Kompas.com (18/01/2020).

Arief mengatakan, akan ada empat armada yang dioperasikan dalam masa uji coba. Baca juga: Kenapa Waterway Halimun-Karet Gagal? Untuk rutenya, lanjut Arief, akan dimulai dari McDonald’s Gading Serpong hingga ke Masjid Agung Tangerang Pasar Lama.

Rute tersebut diklaim Arief akan memudahkan masyarakat untuk beralih moda transportasi langsung dari dermaga menuju Stasiun Kereta Tangerang.

“Jadi kalau mau naik kereta bisa turun di Masjid Agung, jalan sedikit,” kata dia.

Namun, Arief mengatakan bahwa konsep yang diusung untuk transportasi air tersebut masih dalam bentuk wisata air.

Masih kata Arief, secara bertahap diharapkan akan berkembang menjadi transportasi umum massal di Kota Tangerang, apabila memungkinkan.

“Kami inginnya umum, kami mulai dengan (kapal) wisata dulu, bertahap. Karena itu bagian dari edukasi masyarakat bertransportasi,” kata dia.  (Uli)

INDOLINEAR.TV