Kota Bekasi, Kota dengan Kenaikan Harga Rumah Tertinggi

FOTO: medcom.id/indolinear.com
Selasa, 22 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Meski indeks harga properti mengalami penurunan pada kuartal II-2020, namun beberapa kalangan optimistis tahun depan diperkirakan mulai bangkit.

Optimisme tersebut berasal dari survei harga-harga rumah di beberapa wilayah yang mengalami kenaikan meski di masa pandemi. Seperti Bekasi yang mengalami kenaikan lima persen.

Menurut Country Manager Rumah.com Marine Novita, di saat kota-kota lain di Jawa Barat menunjukkan kenaikan tak lebih dari dua persen, indeks harga properti di Bekasi menunjukkan kenaikan hingga lima persen untuk rumah tapak.

“Wilayah Jatiasih dan Bekasi Timur menjadi wilayah dengan kenaikan tertinggi. Bekasi Barat, kecamatan yang paling dekat dengan DKI Jakarta, adalah wilayah dengan median harga tertinggi per meter persegi,” katanya dalam laporan yang dikutip dari Medcom.id (21/12/2020).

Sementara Bekasi Timur, yang terjauh dari DKI Jakarta, menjadi yang terendah sehingga harga properti di Bekasi Timur cukup terjangkau bagi konsumen sekaligus memberikan prospek kenaikan harga yang lebih besar.

Hal ini didukung pula upaya pemerintah dalam mengintegrasikan wilayah komuter yang memberikan keuntungan bagi Bekasi Timur lewat sejumlah proyek infrastruktur seperti LRT Bekasi-Cawang, elevated road, hingga rencana MRT jangka panjang Balaraja-Cikarang.

“Sehingga bagi pencari properti, baik untuk ditinggali maupun investasi, Bekasi Timur bisa menjadi pilihan,” kata Marine.

Sedangkan di Kota Tangerang, Kecamatan Tangerang dan Kecamatan Cipondoh menjadi dua area yang dinilai paling prospektif untuk 2021.

Berdasarkan analisis Rumah.com, kedua area ini memiliki fasilitas umum yang lengkap dan beragam pilihan akses transportasi umum dan pribadi.

Cipondoh meskipun tidak memiliki banyak fasilitas umum di dalamnya, namun berkat letaknya yang tepat bersebelahan dengan Jakarta Barat, penghuni di area ini sangat dimanjakan dengan beragam fasilitas umum seperti mal, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan kelas menengah atas di Jakarta Barat.

Cipondoh juga memiliki kawasan reservasi dan kawasan hijau di Setu Cipondoh sehingga sangat ideal bagi pencari properti yang mencari hunian yang tak terlalu dekat dengan ingar-bingar suasana ibu kota.

Sementara Kecamatan Tangerang yang menjadi pusat Kota Tangerang didukung fasilitas umum dan infrastrukturnya pun lengkap. Di sini ada dua stasiun Kereta Rel Listrik commuter line (Stasiun Tangerang dan Stasiun Tanah Tinggi). Stasiun ini memberikan akses langsung ke wilayah Jakarta Barat.

Kecamatan Tangerang juga memiliki akses yang baik ke bandara dan tol lingkar luar Jakarta. Kecamatan ini bahkan dimanjakan lima mal sekaligus, salah satu yang terkenal adalah TangCity Mall dan Lippo Karawaci.

Di Depok, perkembangan properti pada 2021 akan berpusat pada ketiga wilayah yaitu Cimanggis, Cinere, dan Sawangan karena tersedianya rangkaian jalan tol baru meliputi Cimanggis-Cibitung, Cimanggis-Cinere, dan Cinere-Serpong.

“Cimanggis dan Sawangan akan menjadi alternatif baru bagi pencari rumah di Depok, yang selama ini selalu berpusat pada kawasan di sekitar Margonda,” ungkapnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: