Korban PHK Di Kota Bekasi Dapat Bansos Disnaker

FOTO: ayobekasi.net/indolinear,com
Sabtu, 8 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi menyalurkan bantuan sosial (bansos) paket sembako untuk pekerja korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Ika Indah Yarti mengatakan bahwa penyaluran bantuan berupa sembako ini ditujukan untuk meringankan beban pekerja tersebut. Adapun sembako merupakan bantuan langsung dari Kementerian Tenaga Kerja.

“Di Kota Bekasi ini kan banyak pekerja buruh yang di-PHK . Jadi kami menyerahkan bantuan kepada mereka, berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan maupun serIkat,” kata Ika dilansir dari Ayobekasi.net (07/08/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, mekanisme teknis penyaluran sembako dilakukan melalui verifikasi data yang ketat agar tepat sasaran. Pihaknya juga dibantu oleh serikat pekerja yang ada di Kota Bekasi.

“Kami menyalurkan bantuan berdasarkan data. Pihak serikat (pekerja) juga ikut membantu kami,” ujarnya.

“Hanya ada beberapa data yang secara kebetulan tidak sinkron setelah tim melakukan verifikasi, maupun tim yang menyelusuri ke alamat calon si penerima, tetapi penerimanya sudah pindah alamat dan ada yang pulang kampung,” lanjut Ika.

Selanjutnya, serikat pekerja Kota Bekasi bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi juga diminta memverifikasi para pekerja yang sudah pulang kampung tersebut.

Mereka umumnya kembali ke daerah asal seperti Depok, Bogor, dan wilayah lain.

“Bagi para pekerja yang telah di PHK dan pulang ke tempat asalnya akan dibantu untuk verifikasi kembali dari serikat pekerja agar bantuan tersebut langsung ke tangannya,” kata dia. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: