Kondisi Kesehatan Dalam Tubuh dengan Melihat Warna Ingus Yang Keluar

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 3 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ketika pilek, ingus bakal keluar dalam jumlah besar dari hidungmu. Munculnya ingus secara terus-menerus ini bisa mengganggumu dalam beraktivitas.

Ingus yang muncul pada dirimu ini rupanya bisa jadi cara untuk menentukan masalah yang kamu alami. Hal ini bisa diketahui dari warna ingus yang keluar dari hidungmu.

Dilansir dari Merdeka.com (01/01/2020), pakar alergi dari Greenville mengungkap bahwa dalam sehari, setidaknya tubuh memproduksi satu liter ingus atau cairan lendir. Normalnya, ingus ini sebagian besar terbuat dari air dengan sejumlah protein yang tercampur sehingga memunculkan tekstur.

Perubahan warna pada ingus ini terjadi karena protein dan sejumlah kandungan yang berada pada ingus. Perubahan ini mungkin muncul ketika mengalami demam. Walau terjadi perubahan warna, namun tak bakal bisa membedakan warna ingus yang berasal dari infeksi bakteri atau virus.

“Tak ada cara untuk membedakan antara infeksi virus dan bakteri berdasar warna ingus,” terang Derrick R. Ward, MD, pakar alergi dari Kansas City.

Bening

Normalnya, ingus yang sehat berwarna bening, namun Dr. Kao tak menjelaskan bahwa ketika ingus bening maka kamu 100 persen sehat. Sebagai contoh, ketika kamu mengalami infeksi sinus atau alegi musiman, ingus yang keluar bisa tetap berwarna terang. Oleh karena itu, penting mengetahui gejala lain yang menyertai masalahmu.

Hijau

Ingus berwarna hijau bisa muncul ketika kamu mengalami infeksi dan peradangan. Pada kondisi ini, tubuh bakal mengirim sel darah putih untuk mengatasinya.

“Sel darah putih ini memiliki enzim yang sebenarnya berwarna kehijauan,” terang Dr. Kao.

Semakin hijau warna ingus, semakin banyak sel darah putih yang kamu miliki untuk menyingkirkan infeksi ini. Untuk mengetahui masalah secara lebih jelas, Dr. Kao menyarankan untuk memeriksa lebih lanjut mengenai ingus tersebut.

Putih

Hal ini bisa menjadi tanda mengental dan melambatnya ingus karena peradangan dan iritasi pada saluran nasal. Dr. Kao mengungkap bahwa hal ini bisa terjadi ketika kamu berada di sekeliling asap, memiliki virus, atau juga alergi.

Oranye Kecoklatan

Ingus yang kental dan mengeris bisa berubah warna menjadi oranye kecoklatan. Hal ini juga bisa membuatmu cukup kesulitan untuk bernapas melalui hidung, walau begitu hal ini bukan masalah besar. Ketika kamu mengalami alergi musim tertentu, ingus bakal berubah warna menjadi merah atau coklat juga.

Merah

Ingus berwarna kemerahan bisa terjadi pada kondisi tertentu masalah kesehatan terutama pada saluran nasal. Hal ini juga bisa menjadi pertanda ketika terjadi pendarahan di dalam hidung. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: