Komisi III DPR Yakin Idham Azis Mampu Mengatasi Gangguan Keamanan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 3 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR, Herman Herry menilai penunjukan Komjen Idham Azis sebagai calon Kapolri oleh Presiden Jokowi sudah tepat. Menurutnya, Idham sangat berpengalaman dalam menangani persoalan terorisme hingga berita tidak benar atau hoaks.

“Karena hal utama yang harus dikerjakan oleh Polri di era sekarang adalah keamanan negara dalam hal intoleransi, radikalisme, hoaks, sampai dengan terorisme,” kata Herman di Jakarta, dilansir dari Liputan6.com (02/01/2020).

Politikus PDI Perjuangan ini menyebut, Idham memiliki karakter yang dingin dan berani dalam membuat keputusan. Selain itu, Herman menilai sosok Idham cukup disegani di semua kalangan Polri.

“Dengan demikian yang bersangkutan memiliki modal untuk menjadikan institusi Polri solid dalam menjalankan tugas dan fungsi,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengajukan nama Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Tito Karnavian, yang kini menjadi menteri dalam negeri di Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Usai melantik para menteri, Jokowi langsung mengumumkan nama Idham sebagai satu-satunya calon kapolri yang diajukan ke DPR.

“Pengganti Kapolri sudah kami ajukan ke DPR, Pak Idham Azis Kabareskrim, ya satu aja,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu 23 Oktober 2019.

Tak Asing bagi Jokowi

Nama Idham tak asing bagi Jokowi. Idham kerap kali mengantar dan menjemput Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Ketika itu, Idham menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sebagai pejabat yang bertanggung jawab terhadap keamanan ibu kota, mengawal setiap kegiatan presiden di Jakarta adalah suatu kewajibannya.

Sebelum memimpin Korps Bhayangkara, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini akan mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan. Rencananya DPR bakal menggelar uji kelayakan calon kapolripada pekan depan.

“Ya pekan depan,” ungkap Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: