Komisi I DPR Mulai Uji 32 Calon Dubes

FOTO: detik.com/indolinear.com
Rabu, 17 Juni 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Komisi I DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 32 calon duta besar (dubes). Nama-nama dubes ini sesuai dengan Surat Presiden (Surpres) Joko Widodo (Jokowi) yang diterima oleh DPR.

“Tiga puluh dua dubes dengan tambahan calon dubes RI untuk Malaysia, susulan kemarin Surat Presiden telah dibacakan di paripurna,” ujar Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz kepada wartawan, dilansir dari Detik.com (16/06/2020).

Ada penambahan satu calon dubes RI untuk Malaysia yakni Hermono, sehingga total dubes yang menjalani uji kelayakan berjumlah 32. Fit and proper test yang digelar oleh Komisi I DPR berjalan secara tertutup.

“Dilaksanakan secara tertutup dan keseluruhannya secara fisik. Tidak melalui Zoom. Dengan physical distancing, diwakili oleh perwakilan fraksi,” ujar Meutya.

Fit and proper test dilaksanakan mulai hari ini hingga Kamis mendatang. Para dubes akan diuji mengenai negara tujuan hingga integritas.

“Tentu masing-masing negara akan berbeda, tapi seputar visi misi sebagai duta besar, pengetahuan tentang negara yang dituju, kemampuan komunikasi yang baik, integritas dan lain-lain,” imbuh Meutya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: