Kominfo: Pengguna 3G Hanya 2 Persen Dari Total Pengguna Seluler

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 25 April 2022

Indolinear.com, Jakarta – Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Ismail mengatakan, pengguna 3G makin tahun semakin menurun. Terlebih selama pandemi. Pandemi secara tidak langsung mempercepat juga upgrade teknologi seluler pengguna ke 4G.

“Kita secara terus menerus melakukan pemantauan terhadap pengguna 3G ini. Ternyata, makin tahun makin turun. Turunnya itu drastis selama pandemi ya. Perkiraan itu hanya 2-3 persen pengguna 3G dari total konsumen seluler. Angkanya memang tidak terlalu signifikan,” kata Ismail saat konferensi pers bersama Telkomsel di kantornya, dilansir dari Merdeka.com (24/04/2022).

Prosentase jumlah pengguna 3G itu, kata Ismail, tersebar di seluruh Indonesia. Mayoritas berada di daerah-daerah pelosok yang kala itu infrastruktur 4G di wilayah tersebut belum siap. Sehingga, 3G menjadi solusinya.

“Salah satunya di daerah Indonesia timur. Pokoknya yang 4G belum siap saat itu. Tapi kalau bicara sekarang, kecepatan pembangunan infrastruktur 4G di daerah-daerah itu udah semakin matang. Oleh sebab itu, diperlukan upgrade teknologi dari 3G menjadi 4G,” ungkap dia.

Sementara itu, Vice President RAN Engineering and Project Telkomsel Akhmad mengatakan, sejauh ini pengguna 3G Telkomsel berada di kisaran 2-3 persen dari total konsumen. Penggunaan 3G, dulunya memang didesain untuk voice dan data. Hanya saja, waktu itu pertumbuhan pemakaian data masih sedikit. Berbeda dengan saat ini.

“Teknologinya juga sudah maju. Pengguna data juga makin meningkat, jadi improvement mesti dilakukan,” jelas Akhmad.

Akhmad menuturkan sejauh ini Telkomsel sudah melakukan improvement jaringan 3G ke 4G di daerah-daerah di Indonesia. Sebagai contoh, saat ini yang sudah dilakukan improvement seperti di Papua.

“Kalau di Papua itu di Mimika. Kemudian, di Kabupaten Tolitoli udah improve ke 4G dan di daerah Indramayu,” kata Akhmad. (Uli)

loading...