Kombinasi Pertahanan Man to Man Dan Zone Defence Didalam Sepak Bola

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 7 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dalam permainan sepak bola, terdapat pola penyerangan dan pertahanan. Pada situasi pertandingan, penyerangan dan pertahanan dilakukan secara berkesinambungan.

Sepak bola adalah permainan tim di mana satu tim terdiri dari 11 pemain di lapangan. Untuk mencapai tujuan yaitu mencetak gol dan meraih kemenangan, ke-11 pemain tersebut harus bekerja sama.

Kerja sama tidak hanya dilakukan ketika melakukan serangan (offence), tapi juga saat membangun pertahanan atau defence.

Dikutip dari Kompas.com (06/08/2021), tujuan membangun pertahanan adalah untuk menahan serangan lawan.

Taktik pertahanan dapat diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.

Jenis Taktik Pertahanan

Taktik pertahanan dalam sepak bola dibedakan menjadi tiga yaitu man to man defence, zone defence, dan kombinasi.

  • Man to man defence

Man to man defence adalah taktik pertahanan di mana setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu).

  • Zone defence

Dalam pelaksanaan taktik zone defence, setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya.

  • Kombinasi

Kombinasi yaitu taktik man to man defence dan zone defence dipadukan.

Cara pertahanan yang paling kompleks dan efektif dalam menjaga daerahnya dari serangan lawan dalam sepak bola disebut kombinasi man to man defence dan zone defence

Untuk menerapkan pola pertahanan kombinasi, setiap pemain harus memahami taktik yang akan digunakan, baik secara individu maupun tim. Adapun, penjelasan tentang taktik adalah sebagai berikut:

  1. Taktik perorangan yaitu siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mentak yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam pertandingan.
  2. Grup taktik yaitu suatu siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untuk mencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandingan.
  3. Kolektif taktik yaitu suatu siasat yang dijalankan oleh suatu regu dalam menjalin kerja sama untuk mencari kemenangan dalam suatu pertandingan. (Uli)