Komandan Korps Brimob Menjadi Bintang Tiga, Personel dan Markas Bakal Ditambah

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 16 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berencana akan menaikkan pangkat Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri menjadi jenderal bintang tiga atau komjen.

Peningkatan itu berimplikasi berbagai penyesuaian di korps Brimob.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan satu di antara yang akan disesuaikan adalah penambahan markas komando (mako) hingga personel Brimob di sejumlah daerah.

“Kita akan tindak lanjuti seperti itu ya (penambahan mako). Tentunya nanti Polri akan menyiapkan dari segi manajemen, mulai dari 4M mulai dari Man atau SDMnya, Money atau anggarannya, Material atau logistiknya, dan metodenya. Itu otomatis akan diikuti,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, dilansir dari Tribunnews.com (15/11/2021).

Ia menyebut nantinya juga ada tambahan satuan baru di Brimob, mulai dari Danpas I, Danpas II, Danpas III, dan Danpas Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini untuk mempermudah pergeseran pasukan dari titik satu ke titik lainnya.

“Kita lihat ada Brimob Nusantara, sehingga ketika ada diperlukan apakah itu pengamanan suatu objek, kita akan mengirim sehingga dengan adanya Danpas I, II, III, dan komandonya itu lebih memudahkan pergerakan pergeseran pasukan dari satu titik ke titik lain,” jelas Ramadhan.

Ramadhan menuturkan penyesuaian tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan hingga menghadapi tantangan tugas Polri.

“Ini dalam upaya meningkatkan pelayanan terkait dengan tugas pokok Polri, ini semua kaitannya dengan tantangan tugas dan dihadapi oleh Polri sesuai dengan tugas pokok Polri, melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya masih tengah memproses peningkatan status Dankor Brimob Polri menjadi Jenderal bintang tiga atau Komjen.

Sigit menuturkan pengembangan organisasi itu dilakukan karena Korps Brimob Polri memiliki tanggung jawab dan tantangan yang semakin berat dan kompleks.

Selain itu, dia juga berencana akan menambah jumlah personel Brimob di Indonesia bagian Tengah, bagian Timur, bagian Barat dan Ibu Kota Negara.

“Saat ini sedang berproses tentunya. Korbrimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan, kita dorong untuk tambahan beberapa bintang dan juga Dankor Brimob sendiri kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga. Karena tugas dan tanggung jawabnya semakin berat,” ucapnya dalam acara HUT Korps Brimob ke-76, Depok, Jawa Barat, Minggu (14/11). (Uli)