Koleksi Cerita Rakyat Sedunia Dari Finlandia Pemburu Dan Nenek

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Minggu, 12 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada seorang pemburu yang gemar ekali memburu rusa. Ia memang menyukai daging rusa. Suatu hari, ia mengejar rusa sampai ke dalam hutan. Namun, ia tak berhasil menangkapnya. Sementara itu, hari sudah semakin gelap.

“Aku harus mencari rumah di dekat sini,”ujar Pemburu.

Pemburu melihat sebuah rumah tua di dalam hutan. Ia pun menuju ke rumah itu untuk bermalam. Rupanya, rumah itu milik seorang nenek. Nenek itu mengetahui apa yang Pemburu lakukan di hutan.

“Kau pasti sedang memburu rusa. Lebih baik kau bermalam di rumahku. Besok baru kau teruskan berburu,” ucap Nenek.

Pemburu sangat berterima kasih kepada Nenek. Ia lalu bercerita kenapa ia sampai masuk ke dalam hutan. Nenek kemudian berkisah tentang seorang pemburu hebat.

“Dulu, ada seorang pemburu hebat yang tersesat juga. Dia menginap di rumahku. Dia pemburu yang sangat andal. Pemburu itu memburu rusa dengan nyanyiannya yang indah, setelah itu pemburu itu….”

Belum sempat Nenek melanjutkan ceritanya, si Pemburu Iangsung pergi untuk berburu dengan cara yang telah diceritakan oleh Nenek. Alhasil, ia kembali dengan tangan kosong.

“Nenek, aku telah melakukan seperti yang Nenek ceritakan. Tapi, tak seekor rusa pun yang aku dapatkan,” ucap pemburu itu, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (11/07/2020).

“Kau belum mendengar seluruh ceritaku, sama seperti pemburu yang dulu kutemui,” jawab Nenek.

“Sebenarnya di sini ada banyak sekali rusa. Kalau saja kau memiliki cara jitu, kau pasti akan dengan mudah mendapatkannya. Rusa tidak bisa ditangkap dengan suara merdu. Ia justru akan lari ketakutan. Kau hanya perlu membuat sebuah jebakan. Bisa juga dengan memanahnya dari kejauhan. Kau harus berlatih untuk itu,” lanjut Nenek.

Si Pemburu diam. Ia merasa malu dengan Nenek. Harusnya tadi ia mendengarkan nasihat Nenek sampai selesai. Pemburu itu lalu hendak pergi berburu lagi. Ia ingin mencoba mempraktikkan cara yang disarankan oleh Nenek.

Namun Nenek melarangnya, sebab hari sudah terlalu gelap.

“Sebaiknya besok pagi saja kau memburu rusa-rusa itu,” saran Nenek.

Pemburu itu menyetujui usul Nenek. Akhirnya ia pun beristirahat di rumah Nenek. Keesokan harinya, pemburu itu kembali berburu. Kali ini ia menerapkan cara berburu seperti yang disarankan oleh Nenek.

Olala… pemburu itu berhasil mendapatkan dua ekor rusa dengan mudah. Rupanya nasihat nenek itu sangat berharga. Pemburu lalu mendatangi rumah Nenek dan memberikan satu rusa untuknya. ltu sebagai ucapan terima kasih atas ilmu yang telah ia dapatkan.

Pesan moral dari Koleksi Cerita Rakyat Sedunia : Pemburu Dan Nenek (Finlandia) adalah ketika orangtuamu sedang memberikan nasihat, dengarkanlah dengan baik sampai selesai. Jangan suka tergesa-gesa agar bisa mengambil kesimpulan yang baik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: