Koenigsegg berhasil Meraih Gelar Mobil Tercepat Sejagat

liputan6com/indolinear.com
Kamis, 16 November 2017
loading...

Indolinear.com, Las Vegas – Menjadi pabrikan mobil tercepat di dunia merupakan gelar bergengsi yang diidam-idamkan oleh semua pabrikan otomotif. Untuk meraih gelar ini tentu tidak mudah, salah satu kendala terbesar adalah risiko yang besar untuk memecahkan rekor ini.

Koenigsegg boleh berbangga hati setelah meraih gelar tercepat dengan catatan waktu rata-rata dua arah sebesar 444,6 km/jam di jalan sepanjang 17,6 km antara Las Vegas dan Pahrump. Mobil yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk memecahkan rekor 0-400-0 km/jam beberapa saat lalu.

Dilansir dari Liputan6.com (14/11/2017), untuk memecahkan rekor ini sang pemilik mobil meminta izin kepada pihak berwenang setempat untuk menutup jalanan lurus selama dua hari. Dengan lahan kosong, maka Koenigsegg Agera RS dapat berlari bebas memuntahkan tenaga 1.378,8 Tk tanpa khawatir.

Total Pengujian

Total pengujian yang dilakukan hanya tiga kali. Satu percobaan, dan dua lari tes di lurusan dua arah yang akhirnya diambil kecepatan rata-ratanya.

Niklas Lilja, sang penguji pabrikan Koenigsegg, mengungkapkan dirinya sama sekali tidak merasa gugup. Satu-satunya yang dikhawatirkan adalah kondisi ban, karena sewaktu-waktu bisa terjadi hal yang tidak diinginkan berasal dari ban.

Pengujian ini menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2, ban yang juga digunakan pada Bugatti Chiron dan Hennessy F5. Sebelum pengujian kecepatan puncak, tim insinyur Koenigsegg mendapatkan data ban tersebut tidak menghasilkan panas berlebih maupun gejala aus. (Uli)