KKM Kelompok 53 UNTIRTA Laksanakan Program Pengangkutan Sampah Sampai Akhir

FOTO: indolinear.com
Senin, 12 Agustus 2019

Indolinear.com, Serang – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kelompo Kuliah Kerja Mahasiswa  (KKM) Kelompok 53 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) 2019, berhasil mengadakan pengangkutan sampah dari pembuangan sementara yang ada di Desa Pegandikan Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang, sampai pada tempat pembuangan akhir yang ada di daerah Cilowong Kecamatan Gunung sari, Senin (12/8/2019).

Pembuangan sampah yang tidak sampai pada pembuangan akhir menjadi latar belakang Kelompok KKM 53 UNTIRTA melaksanakan program ini. Selain kurangnya informasi yang dimiliki masyarakat tentang pengangkutan sampah serta kebiasaan masyarakat yang membakar sampah. Tentunya kesehatan lingkungan akan berdampak dari hasil pembakaran sampah ini.

Ketua kelompok KKM kelompok 53, Sueb Sunarya mengatakan semoga dengan adanya pengagkutan sampah sampai pada pembuangan akhir, bisa membantu masyarakat yang ada di desa Pegandikan, dan harapannya program ini tidak hanya ada pada saat ada mahasiswa ada di desa ini.

“Semoga dengan adanya program ini bisa membuat masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan yang ada di desa pegandikan. Permasalahan sampah memang bukan hanya di desa Pegandikan tapi hampir sebagian besar desa yang ada di Kecamatan Lebakwangi memiliki permasalahan pengangkutan sampah, bersyukur kelompok kami berhasil melaksanakan program pengangkutan sampah,” terangnya.

“Ini merupakan program yang sangat membantu masyarakat dalam menanggulangi permasalahan sampah, dan masyarakat berterimakasih dengan adanya pengangkutan sampah  samapai pembuangan akhir, semoga saja program ini bisa berlanjut yang dikelola oleh pemerintahan desa ataupun oleh masyrakat desa pegandikan sendiri,” ungkap Jajirudin salah satu masyarakat setempat.

Kegiatan ini merupakan momentum untuk mahasiswa dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi yang ke tiga yaitu pengabdian pada masyarakat serta bisa membantu masyrakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.(pit)

INDOLINEAR.TV