Kisah Tragis Di Balik Nama Anak Ketiga Pangeran William

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 7 Agustus 2019

Indolinear.com, London – Pada hari Jumat, 27 April 2018, Kensington Palace mengumumkan bahwa anggota baru keluarga Kerajaan Inggris itu kelak diberi gelar His Royal Highness Prince Louis of Cambridge.

Dikutip dari Liputan6.com (05/08/2019), muncul perbincangan tentang latar belakang penamaan Louis, yang disebut memiliki latar belakang kisah yang menyedihkan.

Kemungkinan besar pemilihan nama bayi tersebut terinspirasi oleh Lord Louis Mountbatten, nama paman dari Pangeran Charles yang dibunuh oleh Tentara Republik Irlandia (IRA) pada 1979.

Louis Mountbatten–cicit dari Ratu Victoria–adalah seorang perwira Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang pernah bertempur di Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Ia diketahui menjadi kapten kapal perusak H.M.S. Kelly yang tenggelam di lepas pantai Jerman, akibat diserang torpedo Nazi pada 1941. Pascaserangan tersebut, ia dan sebagian awaknya yang selamat, berikrar akan tetap berada di garis terdepan untuk melindungi Inggris.

Atas kegigihannya, majalah TIME sempat memuat foto wajahnya di halaman sampul salah satu edisi yang terbit pada 1942 silam.

Setahun kemudian, ia justru dikecam karena memimpin serangan brutal ke Kota Dieppe di Prancis utara, yang mencoreng wibawanya sebagai pemimpin. Meski begitu, Perdana Menteri Winston Churchill tetap menunjuknya untuk memimpin invasi D-Day yang bersejarah pada Juni 1944.

Louis Mountbatten meninggal pada usia 79, ketika IRA meledakkan bom yang terpasang di kapal layarnya pada Agustus 1979. Tiga orang lainnya turut tewas dalam serangan itu, termasuk cucunya yang berusia 14 tahun, Nicholas Knatchbull.

“Baik ketika memimpin operasi perusak di tengah pertempuran Perang Dunia II, atau kemudian mewakili Inggris dalam gelombang kemerdekaan India, Mountbatten telah mengakumulasi kemenangan publik yang tampaknya ajaib,” tulis TIME dalam obituari sang perwira angkatan laut.

Sosok Lord Mountbatten baru-baru ini kembali dihidupkan dalam serial televisi Netflix, The Crown, yang diperankan oleh aktor Inggris, Greg Wise.

Menariknya, nama Louis juga memiliki keterkaitan lain dalam sejarah Kerajaan Inggris. Kakek sang bayi, Pangeran Phillip, merupakan anak dari bangsawan Denmark bergelar Prince Louis from Battenberg. (Uli)