Kisah Inspiratif Yusep, Anak Petani Yang Sukses Raih Banyak Penghargaan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 13 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Memiliki orang tua yang berprofesi sebagai petani bukanlah sebuah halangan untuk bisa meraih kesuksesan. Hal itulah yang berhasil dibuktikan oleh Yusep Maulana, seorang anak petani asal kaki Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ia berhasil menorehkan banyak prestasi di bidang teknologi informasi.

Pemuda yang merupakan alumni Universitas Garut tersebut membangun sebuah perusahaan berbasis IT bernama Mobidu.

“Saya berharap apa yang kami hasilkan selama ini, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya seperti dilansir dari Merdeka.com (11/08/2020).

Merintis secara Otodidak

Menurut Yusep, perusahaan IT yang Ia bangun ini berawal dari kecintaannya terhadap dunia teknologi informasi yang mendorong semangatnya untuk bisa berkreasi.

“Sejak kecil kami memang menyukai dunia IT. Meskipun berasal dari desa, tapi tak menyurutkan kami untuk menggali dunia teknologi informasi,” ujarnya.

Mendapat Penghargaan Berskala Nasional dan Internasional

Berkat keseriusannya menggeluti dunia teknologi informasi, Yusep berhasil menciptakan beberapa inovasi, mulai dari websitegratis.id, smart card, hingga RFID. Kerja kerasnya pun diakui oleh banyak pihak dengan berbagai penghargaan berskala nasional dan internasional yang Ia terima.

“Ada lebih dari 11 penghargaan di kancah nasional dan internasional dalam bidang teknologi dan bisnis digital yang berhasil kami raih,” ujarnya.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih Yusep di antaranya adalah Anugerah Kihajar Kemdikbud 2014 dan 2016, Anugerah Inovasi Jawa Barat 2015, Wirausaha Muda Berprestasi Jawa Barat 2018, hingga Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional Kemenpora 2018,

Meraih Predikat Top 10 Asean Young Innovator

Tak hanya penghargaan berskala nasional, Yusep juga pernah mendapat penghargaan dalam ajang ‘Asean Digital Businesses Summit 2019’ kategori Top 10 Asean Young Innovator yang digelar di Malaysia dan Singapura akhir tahun lalu.

“Ada juga dari negara Jepang, Korea, Cina yang ikut berkompetisi dalam kegiatan itu,” ujarnya.

Menerbitkan Buku

Untuk membagikan ilmu serta pengalamannya, Yusep juga aktif menerbitkan beberapa buku mengenai dunia teknologi informasi.

“Ada sekitar empat buku yang telah kami hasilkan, yang terbaru soal Technopreneur Berprestasi di Usia Muda,” ujarnya.

Website Murah

Salah satu hasil tangan dingin Yusep adalah websitegratis.id yang menyediakan website dengan harga murah.

Dengan membayar Rp100 ribu per bulan yang dibayarkan sebagai abodemen pulsa, masyarakat sudah bisa memiliki alamat website dari platform yang dikelola perusahaannya itu.

Menurut Yosep, websitegratis.id bisa membantu memenuhi kebutuhan di sektor pendidikan, baik formal maupun non formal. Selain itu terdapat pula aplikasi pelayan desa dan kecamatan, termasuk untuk memenuhi kebutuhan toko online, komunitas, hingga perusahaan serta usaha kecil menengah (UKM). (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: