Kisah Idola K-Pop IU, Yang Lahir Dari Keluarga Miskin

FOTO: detik.com/indolinear.com
Minggu, 14 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – K-Popers pasti tak asing dengan nama IU. Penyanyi sekaligus artis drama Korea yang bernama asli Lee Ji Eun adalah bintang papan atas Negeri Ginseng tersebut.

IU sukses dengan lagu-lagu hits seperti ‘Boo’ dan ‘Marshmallow’. Kariernya juga semakin terang setelah sukses membintangi drama berjudul The Producers, Persona, dan yang paling populer adalah Hotel del Luna.

Tak hanya itu, IU juga pernah menjadi brand ambassador dari soju terkenal merek Jinro Chamisul, Samsung, GUESS, serta provider telepon SK Telecom.

Dilansir dari Detik.com (12/11/2021), kekayaan IU sampai pertengahan 2020 tercatat mencapai US$ 28 juta atau setara Rp 404 miliar (kurs Rp 14.441).

Namun, kesuksesannya itu tak diraihnya dengan mudah. Bahkan, IU bukanlah orang yang lahir dari keluarga kaya. IU berasal dari keluarga miskin.

IU pernah tinggal di sebuah kamar kecil dengan banyak kecoa bersama nenek dan adiknya, hingga akhirnya mereka pindah ke rumah milik salah satu kerabatnya.

Namun, perjuangannya tak sampai di situ. Selama tinggal dengan keluarga lain, IU pernah mengalami tindakan bully secara verbal. Pasalnya, kerabatnya adalah pemabuk, dan kerap kali memberikan umpatan dan sumpah serapah kepada dirinya, nenek, dan juga adiknya.

Beranjak dewasa, IU bertekad mengejar cita-citanya sebagai artis. Ia memang punya bakat, bahkan sudah menulis lagu sejak kecil. IU bekerja sebagai trainee di salah satu manajemen. Namun, usahanya tak memberikan hasil bagus di awal. Pasalnya, saat mencari audisi, ia pernah menjadi korban penipuan.

Ia ditipu oleh sebuah agensi yang menjanjikan dirinya muncul di program televisi jika mentransfer uang dalam jumlah yang cukup besar. Harapannya pupus begitu tahu dirinya telah ditipu. Padahal, uang yang ia bayarkan itu adalah milik neneknya yang dikumpulkan dari hasil berjualan aksesoris.

Namun, ia tak pantang menyerah. Dengan jerih payahnya selama 10 bulan, ia berhasil debut di tahun 2008 di bawah naungan Kakao M alias Fave Entertainment.

Pada tahun 2018, IU membeli gedung senilai US$ 3,9 juta atau setara Rp 56 miliar di Gwacheon, dan rumah tingkat dua senilai US$ 2,5 juta atau setara Rp 36 miliar di Yangpyeong. Artis berusia 27 tahun itu juga membeli tanah di lomasi yang sama seharga US$ 650 ribu atau setara Rp 9,4 miliar. Menurut agensinya, IU membeli rumah di Yangpyeong untuk bersantai bersama keluarganya di akhir pekan.

IU tumbuh menjadi artis kaya yang juga deemawan. Pada peringatan Hari Anak tahun 2020 lalu, ia memberikan donasi sebesar US$ 90 ribu atau setara Rp 1,29 miliar untuk anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah, atau yang dibesarkan oleh kakek-nenek mereka melalui Green Umbrella Children’s Foundation.

Ia juga rutin berdonasi kepada organisasi nirlaba global sejak 2015. Ia juga memberikan dana bantuan kepada 5 orang mahasiswa sejak tahun 2013 hingga 2018 karena tak mampu membayar biaya kuliahnya. Uang yang ia sumbangkan mencapai lebih dari US$ 17 ribu atau lebih dari Rp 245 juta.

Ia juga menyumbangkan dana sebesar US$ 8.150 atau setara Rp 117 juta kepada keluarga berpenghasilan rendah yang terdampak pandemi COVID-19. Ia juga menyumbang US$ 16.800 atau setara Rp 242 juta untuk fasilitas kesejahteraan di Yangpyeong. (Uli)