loading...

Kisah Haru Mantan Panglima TNI Moeldoko, Pernah Curi Buah karena Lapar

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 5 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P dikenal sebagai sosok yang tegas dan disiplin. Setelah purna dari TNI, Moeldoko kini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

Meski kini telah sukses, siapa sangka dulunya Moeldoko pernah hidup susah. Bahwa ia sampai pernah mencuri buah kopra karena lapar.

Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir dari Merdeka.com (03/07/2020).

Dulu Hidup Susah

Saat masih menjabat sebagai Panglima TNI, Moeldoko mengadakan buka puasa bersama 3000 anak yatim piatu se-Jabodetabek di Gelanggang Olahraga Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko menceritakan perjalanan hidupnya. Ia mengaku dulunya adalah orang tak mampu.

“Yang ingin saya sampaikan adalah, saya yang saat ini menjadi Panglima TNI, dulu adalah anak orang yang tidak punya. Hidupnya susah, kampungnya jauh dari perkotaan,” kata Moeldoko.

Dulu Makan Nasi Saja Susah

Moeldoko juga mengatakan, saat dirinya duduk di bangku sekolah dasar, gedung sekolahnya kerap kebanjiran sehingga ia harus mengungsi tiap kali banjir. Ia juga mengaku pernah merasakan kelaparan lantaran orang tuanya tak mampu membeli beras kala itu.

“Dulu waktu SD, sering kebanjiran di sekolahnya sehingga harus ngungsi. Begitu sulitnya saat itu, makan nasi juga susah,” ungkap Moeldoko.

Perjuangan Moeldoko saat Sekolah

Perjuangan Moeldoko saat masih sekolah amat berat. Setelah masuk ke sekolah menengah pertama (SMP), setiap hari ia harus berjalan kaki ke stasiun dan naik kereta untuk sampai ke sekolahnya.

“Waktu sekolah SMP itu sepeda nggak punya, saya harus naik kereta api, jauh dan lari-lari. Dari jam 04.00 pagi saya sudah lari-lari. Pulangnya saya itu nyari boncengan atau menunggu truk yang searah ke kampung saya,” ujar Moeldoko.

Pernah Curi Buah Kopra karena Lapar

Moeldoko juga mengingat perjuangannya kala itu. Ia mengaku kerap mencuri buah kopra untuk mengisi perutnya.

“Nah setelah turun truk saya suka nyuri-nyuri kopra buat isi perut. Itu kondisi saya,” terangnya.

Motivasi dari Moeldoko

Di kesempatan tersebut, Moeldoko memberikan semangat dan motivasi untuk anak-anak yatim. Ia berpesan agar anak-anak rajin belajar dan memiliki mimpi yang tinggi .

“Kalian jangan berkecil hati. Kalian bisa menjadi apa pun yang penting Anda memiliki mimpi yang indah. Yakinlah dengan mimpi itu Kalian bisa mencapai semuanya. Tentunya mimpi itu harus diusahakan dengan baik,” ujar Moeldoko.

Sekarang jadi Kepala Staf Kepresidenan

Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P merupakan mantan Panglima TNI Republik Indonesia. Ia menjadi Panglima TNI di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat ini, Moeldoko menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: