Kisah Haru Mahasiswa Dari Keluarga Sederhana Lulus Cumlaude Kedokteran

FOTO: detik.com/indolinear.com
Minggu, 31 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pria ini membuktikan jika ia bisa meraih mimpinya untuk menjadi dokter, meskipun berasal dari keluarga yang sederhana. Ia berhasil masuk ke universitas negeri dan mendapatkan beasiswa hingga lulus dengan predikat cumlaude. Kisahnya pun langsung viral di TikTok.

Kisah tersebut diunggah oleh Ikramsyah Maulana lewat akun TikToknya @dr.ikramsyah_maulana. Dalam video yang diunggahnya tampak perjalanan foto Ikram sejak SMA hingga berhasil masuk Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, Ambon, Maluku.

“Pengen nangis waktu edit video ini 🙏 Hi.. Saya anak yang terlahir dari keluarga yang sederhana. Dari keluarga broken home yang mempunyai cita-cita menjadi seorang dokter. Alhamdulillah bisa masuk fakultas kedokteran UNPATTI dengan jalur SNMPTN/tanpa tes. Selama kuliah mendapatkan beasiswa BIDIKMISI. Selama kuliah tidak pernah membayar biaya kuliah. 4 tahun akhirnya bisa menyandang gelar sarjana kedokteran,” tulis akun TikTok @dr.ikramsyah_maulana, dilansir dari Detik.com (29/10/2021).

pengen nangis waktu edit video ini 🥺🙏🏼 ##fyp ##fy ##foryou ##foryoupage ##motovation ##janganmenyerah♬ original sound – All About Music 🎵

Berkat kegigihannya dalam belajar, Ikram berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah kedokteran. Dia menjalani masa koas atau dokter muda dan lulus dengan predikat cumlaude.

“Setelah itu harus lanjut coass selama 2 tahun. Selama coass alhamdulillah dibantu dengan beasiswa daerah asal Malteng. Walau banyak masalah yang dihadapi selama coass. Alhamdulillah bisa lulus dengan predikat cumlaude. Dan bisa lulus ujian kompetensi dokter umum Indonesia tahun 2020. Bahagia terharu bisa sampai tahap menyandang gelar dokter. Terimakasih buat Allah SWT, keluarga dan tema-teman yang sudah membantu sampai tahap ini,” ucapnya haru.

Video tersebut sudah ditonton lebih dari 4,9 juta Views, mendapat 662 ribu Likes dan 27 ribu komentar di TikTok. Warganet ada yang salut, takjub dan ingin mengikuti jejak Ikram untuk meraih beasiswa.

Kisah pria yang berhasil meraih impiannya untuk menjadi dokter. Foto: tangkap layar TikTok @dr.ikramsyah_maulana.

“Emang bener ya.. gaada yang gak mungkin didunia, selagi mau usaha, berdoa. Proud of you kak,” ujar akun @Yoga Febrian.

“Yaallah ampe merinding sama perjuangannya🥺…bismillah kelak aku dan kalian semua akan jadi orang sukses di dunia maupun akhirat aamiin,” ucap akun @ininanawww.

“Dia berhasil membuktikan keluarga brokenhome tdk selamanya mengarah ke hal negatif,” takjub akun @Iren.

“Itu seluruh kuliahnya gratis? kuliah kedokteran? mau deh kalo ada jalur beasiswa begitu, demi apapun aku rela belajar mati Matian demi dapati itu,” tanya akun @taniya.

“Motivasi banget Dok. Ya Allah pengen nangis terharu bnget. klau gini semakin semngat kuliah nya🥺🥺,” timpal akun @vinabc.

Wolipop menghubungi Ikram melalui WhatAapp soal kisah yang diunggahnya ke TikTok ini. Dia mengakui memang mengunggah kisah hidupnya yang datang dari keluarga sederhana hingga menjadi dokter. (Uli)