loading...

Kisah Dongeng Anak-Anak Dari Yunani Penyesalan Gembala Yang Terlambat

FOTO: dongengceritarakyat.com/indolinear.com
Jumat, 17 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Hero adalah anjing yang hebat,” kata seorang gembala. “Sejak aku memiliki Hero, kambingku tidak pernah hilang seekor pun. Beberapa waktu lalu, Hero pernah diserang oleh serigala, tapi ia berhasil mengalahkannya. Sejak saat itu, tidak ada serigala yang berani datang.”

“Ya, ia memang anjing yang hebat,” kata para tetangga.

“Tapi menurutku, kau rugi memeliharanya. Porsi makannya sangat besar. Sama dengan porsi makan dua belas ekor anjing kampung. Padahal, hanya dengan tiga ekor anjing kampung kamu bisa menjaga kambing-kambingmu,” kata para tetangganya lagi.

“Porsi makan Hero memang besar. Tapi, aku tidak mau berpisah darinya,” kata gembala.

Esoknya, seorang bangsawan datang ke rumah gembala. la mendengar tentang kehebatan Hero. “Berapa harga Hero? Aku akan membelinya dengan harga seratus dong (mata uang Yunani),” kata bangsawan.

“Aku tidak akan menjualnya. Dia teman baikku,” kata gembala, dilansir dari Dongengceritarakyat.com (16/07/2020).

“Kau bodoh sekali menolak uang sebanyak itu. Pikirkanlah seberapa banyak untungmu,” para tetangga memengaruhi si gembala.

Gembala jadi ragu. “Baiklah aku akan menjualnya seratus dong,” kata si gembala dengan sedih.

Hari itu, Hero dibawa oleh bangsawan. Gembala membeli tiga anjing kampung seharga lima dong. Ketiga anjing kampung itu akan menggantikan Hero menjaga kambing-kambingnya.

Esoknya, para serigala mendengar kepergian Hero. “Hero telah pergi! Hero telah pergi! Sekarang kita bisa pesta daging kambing,” kata salah satu serigala.

Tiga anjing kampung itu Iari ketakutan saat melihat rombongan serigala. Serigala membunuh dan memakan seluruh kambing. Gembala datang terlambat. “Bodoh sekali aku. Seharusnya aku tidak terpengaruh kata-kata tetanggaku,” kata gembala menyesali diri.

Pesan Moral dari Kisah Dongeng Anak Anak Yunani adalah pertimbangkan matang-matang apa yang akan kamu lakukan. Sebab, penyesalan akan datang belakangan. Jangan mudah tergoda oleh tawaran yang menggiurkan. Jika sudah terlambat, menyesal pun percuma saja. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: