Kisah Ardiansyah Runtuboy, Banting Setir Dari Sepak Bola Ke Futsal

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 24 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Jalan takdir membawa Ardiansyah Runtuboy dari dunia sepak bola ke futsal. Bakatnya yang ikonik dengan skil briliannya membuat Ardiansyah Runtuboy menjelma sebagai wonderkid futsal Indonesia.

Berawal dari “ketidaksengajaan” masuk ke futsal, kariernya kini melesat di dunia tersebut. Ardiansyah Runtuboy dulunya adalah pemain sepak bola dan pernah bergabung dengan Persipura Jayapura U-21. Namun, langkahnya menjadi pesepak bola seakan berhenti seiring kompetisi sepak bola dihentikan.

Di lain sisi, kompetisi Liga Futsal sedang bergulir. Dia diajak untuk menjajal menjadi pemain futsal. Ajakan tersebut membuatnya mengenal futsal dan mulai menikmatinya. Lambat laun, dia merasa cocok sehingga terus menggelutinya.

Awal Karier

Ketidaksengajaan tersebut memberikan jalan Ardiansyah Runtuboy ke arah pefutsal profesional. Kendati tak mudah di awan, dia mampu bergabung dengan FC Libido pada tahun 2014 dan bergabung Blacksteel Manokwari pada setahun kemudian.

“Impian saya dari kecil memang ingin jadi atlet,” kata Ardiansyah Runtuboy dikutip dari Kompas.com (23/06/2022).

“Apalagi sejak SMA saya juga sudah aktif ikut olahraga futsal,” ujar pria kelahiran 15 Juli 1998 itu melanjutkan. Kini, dia mampu menjelma sebagai andalan timnas futsal Indonesia sebagai flank. Selain itu, di pentas tertinggi futsal Indonesia, Pro Futsal League, dia juga momok bagi lawan-lawan.

Kerja Keras

Ardiansyah Runtuboy memahami dirinya memiliki bakat sebagai pemain futsal. Akan tetapi, hal itu tak membuatnya lupa dengan kerja keras. Latihan rutin wajib dia lakukan setiap harinya untuk meningkatkan performa, minimal mempertahankan sentuhan bola.

“Selama SEA Games 2021 Vietnam kemarin misalnya, jika tidak sedang bertanding saya akan latihan terus,” jelas dia.

“Singkat selama 15 menit, tapi harus terus latihan,” jelasnya.

Latihan singkat selama tak dapat jatah main itu berguna untuk menjaga kondisi tubuh dan persiapan laga selanjutnya.

Sementara itu, jauh sebelum berangkat ke Vietnam dia melahap latihan berat untuk menunjang performanya.

“Saya dan teman-teman selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tandasnya. (Uli)