Kini Teknologi Wifi Bisa Deteksi Ada Orang Dibalik Dinding

Sabtu, 31 Oktober 2015
Iptek | Uploader Arif
loading...

Indolinear – Selama ini, WiFi hanya digunakan untuk koneksi internet dan menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya saja, belum ada yang spesial. Namun, baru-baru ini orang di MIT mencoba memanfaatkan kekuatan WiFi menjadi lebih canggih.

WiFi ini memungkinkan komputer mengidentifikasi orang dibalik benda padat, seperti dinding. Konsep canggih ini sebenarnya cukup sederhana. Komputer akan mengirimkan sinyal ke WiFi dari satu sisi dinding. Sinyal tersebut akan mengetahui ada orang di balik dinding.

Refleksi orang tersebut akan ditangkap komputer, kemudian dikirim ke software yang bisa mendeteksi bentuk kasar tubuh dibalik dinding. Lalu pertanyaannya, apakah bisa mengidentifikasi siapa orang dibalik dinding itu?

Salah satu peneliti bernama Fadel Adi menjelaskan bahwa dengan menggunakan bahasa mesin, algoritma yang ada pada mesin bisa membedakan bentuk tubuh. nah, hal ini lah yang memungkinkan untuk mengidentifikasi satu orang dengan orang lain.

“Kami menggunakan siluet manusia yang diambil dari algoritma rekontruksi untuk melatih klasifikasi pada siluet yang memungkinkan kita untuk membedakan orang. Klasifikasi tersebut menangkap tinggi badan dan tubuh, yang bisa membedakan orang menggunakan sinyal RF,” ujar Adi.

Jika teknologi ini bisa diterapkan, banyak orang yang pasti terbantu. Perusahaan bisa lebih mengamankan kantor mereka, dan masyarakat juga bisa memasangnya di rumah untuk mendeteksi orang yang tidak dikenal. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com