Ketua Komisi III DPR Mengapresiasi Gerak Cepat Kapolri Tindak Pinjol

FOTO: detik.com/indolinear.com
Senin, 18 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry mengapresiasi Polri yang bergerak cepat memberantas pinjaman online ilegal setelah mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Herman menyarankan agar Polri juga membentuk satgas khusus pinjol ilegal untuk melakukan pencegahan di hulu.

“Tentu saya apresiasi gerak cepat Kapolri dan seluruh jajarannya dalam menindak tegas oknum-oknum pinjol ilegal yang sudah semakin meresahkan masyarakat,” kata Herman saat dihubungi, dilansir dari Detik.com (17/10/2021).

Politisi PDIP ini menyebut Polri perlu bekerja sama membuat satgas khusus dengan OJK untuk menangani pinjol ilegal ini. Menurutnya, selain tindakan represif di hilir, Polri harus mampu mencegah hingga memblokir aplikasi pinjol ilegal.

“Maka dari itu, agar langkah pemberantasan pinjol ilegal ini semakin komprehensif, saya menyarankan agar Polri dapat membuat satgas khusus dengan bersinergi dan bekerja sama dengan OJK. Pemberantasan pinjol ilegal ini tidak cukup hanya dengan langkah-langkah represif di hilirnya saja tetapi juga melakukan langkah pencegahan di hulunya melalui proses edukasi kepada masyarakat dan juga pemblokiran secara cepat aplikasi Pinjol Ilegal,” jelasnya.

Bukan tanpa alasan, Herman menyebut di masa pandemi ini masif muncul pinjol ilegal. Masyarakat pun, kata dia, tertipu oleh tawaran menggiurkan dari para pihak pinjol ilegal tersebut.

“Saya melihat tren pinjol ilegal ini semakin tinggi beberapa tahun terakhir, apalagi sejak kita memasuki masa pandemi. Proses promosi pinjol ilegal yang sangat masif terbukti membuat masyarakat tergiur, khususnya masyarakat yang mungkin mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi ini,” ujarnya.

Pinjol Ilegal Digerebek Polisi

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan perhatian soal kemunculan pinjaman online atau pinjol yang merugikan masyarakat. Atas arahan Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya menindak tegas pinjol yang merugikan warga.

Jokowi menyinggung soal pinjol saat membuka acara OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10/2021) lalu. Pembukaan di Istana Kepresidenan ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

“Tetapi pada saat yang sama saya juga memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online, yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya,” ucapnya.

Tak berselang lama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya untuk menindak tegas pinjol ilegal yang telah merugikan masyarakat. Perintah ini disampaikan Sigit untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi.

“Kejahatan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus. Lakukan upaya pemberantasan dengan strategi preemtif, preventif, maupun represif,” kata Sigit dalam memberikan pengarahan kepada Polda jajaran melalui video conference di Mabes Polri.

Perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian dilaksanakan oleh jajarannya. Sejumlah lokasi di berbagai wilayah yang menjadi kantor pinjol digerebek pihak kepolisian. (Uli)