Ketersediaan STB TV Digital, Kominfo Berjanji Tak Langka Seperti Minyak Goreng

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 2 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail mengatakan, pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) hingga kini masih sesuai dengan rencana awal dan akan dijalankan dalam tiga tahap.

Seiring dengan rencana itu, pemerintah dan penyelenggara multipleksing juga menyediakan bantuan Set Top Box (STB). Saat ini, sebagian STB sudah didistribusikan dan Kementerian Kominfo terus melakukan reviu agar bantuan tepat sasaran.

“Jumlah STB yang tersedia itu cukup banyak. Kami harapkan tidak ada kelangkaan seperti minyak goreng. Makanya sejak sekarang bisa dibeli STB-nya. Kami sudah sertifikasi 18 produsen nasional untuk memproduksi STB secara umum. Bahkan, harganya kompetitif sekali,” kata Ismail, dilansir dari Merdeka.com (01/05/2022).

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mulai mempersiapkan STB dan perangkat televisi agar bisa menerima siaran digital.

“Tolong dicek agar televisi bisa menangkap siaran digital, karena hampir di seluruh Indonesia sekarang siaran digital sudah bersiaran. Jadi tidak perlu menunggu sampai pelaksanaan ASO atau dimatikan. Saat ini juga silakan dicoba karena siarannya jauh lebih berkualitas dan siapkan perangkat TV-nya,” tuturnya.

Plt. Dirjen PPI Ismail menjelaskan Pemerintah terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mengerti dan memahami maksud dan tujuan migrasi TV ke digital.

“Sosialisasi dilakukan tentu tidak per desa, tetapi per wilayah kabupaten, kota dan provinsi itu kita sudah jalan terus. Bentuk sosialisasinya diskusi, seminar, webminar dan sebagainya. Pemda juga sudah kita koordinasikan. Saya juga sudah buat surat kepada seluruh Gubernur dan Bupati yang terdampak ASO, mereka sudah kami informasikan tentang hal ini,” jelasnya. (Uli)

loading...