Ketahui Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 2 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Memakai masker kesehatan sudah diyakini banyak ahli bisa membantu menurangi kemungkunan tertular virus Covid-19. Setelah lebih dari setahun dilanda pandemi dan mengetahui manfaatnya, hendaknya memakai masker sudah menjadi kebutuhan.

Meski harus diakui menggunakan masker hampir setiap hari saat beraktivitas di luar memang memang meninggalkan efek buat kesehatan kulit. Sering kita dengar orang yang mengeluhkan munculnya maskne atau jerawat akibat pemakaian masker.

Dermatologis pun berupaya memberikan berbagai solusi untuk mencegah dan mengatasi maskne. Mulai dari tata cara memakai masker hingga pencegahan dengan menggunakan produk kecantikan tertentu.

Namun tahukah Sahabat Dream jika masalah kulit akibat pemakaian masker bukan hanya maskne.

Dilansir dari Dream.co.id (31/03/2021), berikut beberapa masalah kulit yang dapat disebabkan oleh kebiasaan memakai masker kesehatan.

Maskne

Mungkin, banyak yang mengira bahwa maskne disebabkan oleh penumpukan bakteri dan minyak ketika memakai masker. Apalagi, ketika beraktivitas di musim panas.

Padahal, maskne bisa terjadi di musim hujan dan lada kulit kering. Jerawat di sekitar area wajah yang tertempel masker bisa disebabkan oleh gesekan.

Bersihkan wajah dua kali sehari di pagi dan malam. Jika masih mengalaminya, bersihkan wajah setelah memakai masker.

Gunakan masker berbahan lembut seperti katun atau satin untuk meminimalisir gesekan serta penumpukan minyak maupun keringat saat memakainya.

Kulit kering dan pecah-pecah

Pemakaian masker membuat kondisi kulit yang kering semakin buruk. Hal ini disebabkan kulit yang tidak mudah bernapas ketika memakai masker.

Gunakanlah pelembap yang cukup ketika memakai masker jika memiliki kulit kering.  Pelembap juga memperkuat lapisan pelindung kulit agar tidak sensitif atau mengalami masalah tertentu.

Bakteri yang terkumpul ketika memakai masker juga bsia membuat kulit pecah-pecah dan mudah memerah atau iritasi. Aplikasikan krim atau petroleum jelly untuk mencegah maupun mengatasinya. Jangan lupa gunakan lip balm untuk menjaga kesehatan bibir.

Gatal-gatal

Gesekan serta penumpukan minyak, kuman maupun bakteri saat memakai masker juga bisa menyebabkan gatal-gatal. Apalagi, jika masker yang digunakan tidak berbahan lembut.

Pakailah masker berbahan lembut, bersih dan gunakan deterjen bebas pewangi serta bersifat hipoalergenik agar lebih aman untuk kulit. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: