Kesuksesan Album Baru BTS ‘Map of The Soul’

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 3 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Korsel – BTS ‘Map of The Soul: 7’ akhirnya rilis.

Album tersebut berhasil memecahkan banyak rekor di industri musik dunia.

Seperti apa?

Catatan kesuksesan album terbaru BTS ‘Map of The Soul: 7’, ini deretan kesuksesan boyband Korea Selatan alias Jungkook cs.

Seperti yang diketahui, BTS telah comeback pada 21 Februari 2020 dengan album ‘Map Of The Soul: 7’.

Penggemar BTS tampaknya akan berbahagia!

Album ‘Map of The Soul: 7’ album ini masih dalam bagian dari Map of The Soul, dilansir dari Tribunnews.com (02/03/2020).

Angka ‘7’ diartikan sebagai 7 member atau bisa jadi tahun ke-7 BTS berkarir di dunia musik sejak 2013.

Lagu utama di album tersebut adalah ON serta ada lagu tambahan berjudul Black Swan.

Ini merupakan album keempat mereka setelah Dark & Wild, Wings, dan Love Yourself: Tears.

Kesuksesan album terbaru mereka ini bahkan disebut mengalahkan rekor penjualan pre-order album sebelumnya.

Seperti apa capaian boyband beranggotakan Jimin, Jin, Suga, RM, Jungkook, V, J-Hope ini di album terbarunya? Berikut rangkumannya.

Awal mula

Sebelum resmi dirilis, album ini telah ramai diperbincangkan. Sebulan sebelum resmi dirilis sebagai sebuah album, BTS merilis comeback trailer “Interlude: Shadow” yang dibawakan Suga.

Dalam waktu 24 jam sejak dirilis, video musik tersebut langsung memecahkan rekor jumlah penonton karena disaksikan lebih dari 19,6 juta kali.

Trailer ini membuat sejarah baru bagi BTS. Karena jika dibandingkan antara trailer BTS sebelum-sebelumnya, trailer kali ini melebihi kesuksesan pendahulunya.

Kesuksesan Black Swan

Kalau sebelumnya trailer yang dibawakan Suga berhasil memikat banyak orang, tak banyak berbeda dengan lagu baru yang mereka rilis pertengahan Januari 2020.

Tanpa promosi resmi, singel pertama album BTS Map of the Soul: 7 berhasil menempati posisi 57 di tangga lagu Billboard 100.

Sejak dirilis tanggal 17 Januari 2020, “Black Swan” yang sebenarnya bukan track utama di album ini berhasil menduduki peringkat nomor satu di sekitar 93 negara dunia.

Menurut catatan Soompi, jumlah tersebut adalah capaian tertinggi untuk boyband BTS.

Album pre-sale diburu

Jauh sebelum dirilis secara resmi, pemesanan album ini sudah mampu mengalahkan jumlah pre-order album sebelumnya Map of the Soul: Persona.

Album yang baru akan rilis 21 Februari tersebut telah dipesan 3 juta kopi lebih dalam waktu satu minggu sejak penjualan dibuka.

Jumlah tersebut mengalahkan jumlah pre-order album Map of the Soul: Persona yang mencapai 2,6 juta kopi.

Rekor video musik “on” di YouTube Premiere

Dirilis Jumat (28/2/2020) jumlah penonton saat video musik diluncurkan mencapai lebih dari 1,5 juta orang.

Head of Culture and Trends YouTube Kevin Allocca menulis twit lagi yang mengonfirmasi bahwa “ON” mencetak rekor baru di YouTube.

“Gila: 1,5M+ menonton YT premiere dari video musik baru BTS,” tulis Allocca di Twitter. Dia juga menambahkan emoji wajah terkejut.

“Konfirmasi: (ON) resmi mencetak rekor baru untuk jumlah penonton terbanyak pada YT premiere, mengungguli rekor sebelumnya dengan selisih lebih dari 500.000 views,” tulis Allocca.

Pecahkan rekor penonton video

Video musik “ON” membuat catatan mengesankan dengan jumlah views. Hanya dalam waktu 1 jam 5 menit setelah dirilis, video musik “ON” sudah melampaui 10 juta views.

Rekor itu menumbangkan catatan yang dibuat BTS dengan “Boy with Luv” pada April 2019. Lagu yang dibawakan BTS dengan Halsey itu mencapai 10 juta views dalam waktu 2 jam 52 menit.

Dan sampai tanggal 28 Februari, kurang dari satu minggu setelah musik video “ON” dirilis, mereka sudah berhasil mengumpulkan 100 juta penonton.

Namun, rekor itu masih belum bisa mengalahkan catatan mereka dengan musik video “Boy With Luv” yang berhasil mendatangkan 100 juta penonton dalam satu hari, tepatnya 13 jam 38 menit.

Penjualan album fisik

Album fisik Map of the Soul: 7 terjual 3.378.633 kopi dalam sepekan setelah dirilis (Initial Chodong) berdasarkan catatan Hanteo Charts.

Dengan penjualan itu, BTS mencetak rekor Initial Chodong tertinggi dalam sejarah Kpop.

Rekor baru ini menjadi sangat bermakna karena rekor sebelumnya juga milik BTS dengan album Map of the Soul: Persona yang dirilis pada April 2019 lalu. Ketika itu, Persona terjual 2.130.480 kopi selama sepekan pertama peluncurannya.

Catatan menarik lainnya adalah menurut catatan Hanteo Chart, 8 menit setelah dirilis album tersebut terjual 350.005 kopi.

Setelah sekitar 1 jam, penjualan album itu sudah melampaui 1 juta. Dalam waktu 1 jam 45 menit, Map of the Soul: 7 terjual 2.137.292 kopi.

Total penjualan album tersebut pada hari pertama peluncurannya adalah 2.652.050 kopi. Dalam waktu 66 jam setelah dirilis, Map of the Soul: 7 sudah menembus angka penjualan 3.008.941 kopi.

Penghargaan lainnya

Catatan penjualan album fisik membuat BTS menjadi artis pertama yang membuat “Triple million” atau “tiga juta” dalam Initial Chodong dalam sejarah Kpop.

Begitupun dengan video musiknya, BTS berhasil yang tercatat sebagai top 10 video musik dengan jumlah penonton terbesar dalam waktu 24 jam rilis. Hebatnya lagi, tidak hanya “on” yang tercatat di sini, tapi juga video musik “Boy With Luv” mereka.

Selain itu, album ini juga berhasil menduduki berbagai peringkat tangga lagu dunia. Seperti ARIA (Australia Albums), Ultratop Flanders dan Ultratop Wallonia di Belgia, RMNZ di Selandia Baru, Gaon di Korea Selatan, Album top 100 di Belanda dan masih banyak lagi lainnya.

Di Korea Selatan, catatan keberhasilan BTS dengan lagu “On” juga tidak sedikit. Selama dua minggu berturut mereka berhasil menduduki peringkat pertama acara musik Music Core, mengalahkan lagu “Any Song” dari Zico. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: