Kesal Banyak Warga Buang Sampah Sembarangan, Pemuda Ini Gelar Sayembara Berhadiah

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 14 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Kesal banyak warga tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan, Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna RW 01 Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, menggelar sayembara berhadiah uang Rp 1 juta.

Hadiah uang Rp 1 juta itu diberikan kepada warga yang dapat memergoki pembuang sampah sembarang di lingkungan setempat.

Pengurus Karang Taruna RW 01 Mustikasari, Ocid, mengatakan sayembaran itu dilakukan lantaran warga setempat kesal lingkungnya khususnya di Jalan Ampera RT 01 RW 01 itu kerap dipenuhi sampah.

Dirinya meyakini para pembuang sampah itu bukan warga setempat, akan tetapi warga luar yang membuangnya menggunakan sepeda motor sembari melintasi jalan tersebut.

“Ini jadi salah satu titik yang sering muncul sampah. Kita tidak tahu sampah-sampah itu berasal dari mana, capek rasanya kita sering bersihin sampah tapi beberapa hari setelah itu ada lagi,” katanya, dilansir dari Tribunnews.com (13/03/2021).

Pelaksanaan sayembaran itu telah diumumkan melalui group pengurus RT RW maupun group warga.

Pihaknya juga telah memasang spanduk berisi ajakan apabila berhasil menemukan oknum yang membuang sampah sembarangan diberi hadiah uang tunai Rp 1 juta.

“Ya niat kita baik biar warga saling jaga lingkungan. Karena biar bagaimana juga sampah itu bisa nencemari lingkungan,” beber dia.

Menurutnya, jalan ini menjadi sasaran empuk bagi oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk buang sampah.

Karena jalan ini terbilang sepi dan dihimpit oleh pagar beton dan terdapat beberapa tikungan serta jaraknya agak jauh dari rumah warga.

“Jadi tidak bisa dipantau secara terus menerus,” ungkapnya.

Ocid mengatakan, sampah yang dibuang merupakan limbah rumah tangga. Namun sampahnya bisa menjamur di jalan sepanjang 140 meter.

“Kita berharap dengan adanya himbauan ini warga sini antusias memantau dan agar tidak ada yang buang sampah lagi di sini karena khawatir ketangkap basah,” pungkasnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: