Kerjasama Pro Bono, Lapas Pemuda Tangerang Gandeng LKBH FH UPH

FOTO: kabar6.com/indolinear.com
Rabu, 10 Juli 2019

Indolinear.com, Kota Tangerang – Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), menjalin kerjasama pro bono dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (LKBH FH UPH).

Awal dari kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Lapas Pemuda tangerang yang diwakili oleh Syamsul Hidayat AR. selaku Kepala Sub Seksi Registrasi Lapas Pemuda Tangerang dengan Hosiana Daniel Adrian Gultom selaku Ketua LKBH FH UPH.

Penandatanganan nota kesepahaman ini sendiri dilaksanakan di Ruang Kepala Seksi Binadik, dilansir dari Kabar6.com (09/07/2019).

Maksud dan tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memberikan bantuan hukum kepada para Tahanan di Lapas Pemuda Tangerang yang menyandang status miskin secara cuma-cuma (pro bono).

“Kami sangat menyambut baik kerjasama dengan LKBH FH UPH ini. Ini bisa sangat membantu bagi para Tahanan berstatus miskin dalam mendapatkan bantuan hukum yang layak dan baik,” ujar Syamsul.

Bantuan hukum ini mencakup bantuan hukum secara litigasi pada tingkat pertama di Pengadilan Negeri kepada Tahanan di Lapas Pemuda Tangerang yang menyandang status miskin.

Kerjasama ini sendiri berlangsung selama 1 tahun, dan dimulai dari tanggal nota kesepahaman ditandatangani. Namun, tak menutup kemungkinan bisa diperpanjang, tergantung dari perjanjian yang akan dibahas kembali kemudian hari.

“Kami berharap kerjasama seperti ini bisa terus berlanjut. Karena sangat membantu para Tahanan kami yang kesulitan untuk mendapatkan bantuan hukum dalam menghadapi perkara yang sedang membelit mereka,” katanya. (Uli)