Kerjasama Dengan TNI, DPMP3AKB Tangsel Gelar TMKK

FOTO: Eksklusif DPMP3AKB Tangsel for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) bekerjasama dengan Kodim 0506 Tangerang menggelar Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) dan Bakti Sosial.

Kegiatan yang digelar di Lapangan PTPN Cilenggang, Serpong, Tangsel pada Selasa 30 April 2019 ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya berperan serta dalam kegiatan program KB Kesehatan.

“Diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah,” ungkap Kepala DPMP3AKB Tangsel Khairati.

Sasaran yang akan dicapai adalah untuk meningkatkan kesertaan ber-kb Mix Kontrasepsi terutama KB MKJP (IUD, Implan, MOW, MOP). Sehingga terkendalinya angka kelahiran dan menurunkan laju pertumbuhan penduduk serta meningkatnya kb/akseptor baru terutama pada pasangan usia subur di wilayah.

“Terlaksananya pelayanan KB, pelayanan kesehatan reproduksi, kesehatan reproduksi remaja, dan terbinanya ketahanan keluarga yang diprioritaskan pada penyediaan pelayanan gratis bagi keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera I,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini ada pelayanan IUD 100 orang, MOW 15 orang, Implant 100 orang, suntik 50 orang, Pil 50 orang, MOP 3 orang, kondom 50 orang. Selain itu juga ada Bakti Sosial seperti pengobatan umum 250 orang, donor darah 250 orang, pemberian kacamata baca 300 orang, pemberian paket sembako 500 orang, pemberian paket santunan untuk anak sekolah 200 orang dan bazar murah 32 stand.

Sementara, menurut Sekda Pemkot Tangsel Muhamad, program TMKK ini merupakan program rutin tahunan yang merupakan program integrasi antara TNI, pemerintah daerah dan BKKBN. Dimana kodim 0506/Tangerang yang mencakup wilayah kota Tangerang dan Kota Tangsel setiap tahun rutin mengadakan kegiatan TMKK.

“Pada tahun 2019 ini kota Tangsel menjadi tuan rumah kegiatan TMKK 2019. Maksud dan tujuan kegiatan TMKK diadakan ssebagai tindak lanjut nota kesepahaman antara BKKBN dengan TNI. Selain itu sebagai upaya percepatan capaian program KKBPK melalui kegiatan bakti sosial untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga sejahtera,” paparnya.

Momen TMKK ini merupakan saat yang tepat untuk dapat meraih capaian yang signifikan guna memenuhi target yang telah ditingkatkan dari tahun sebelumnya. Kegiatan TMKK bukan hanya untuk mencapai target pelayanan KB dan pelayanan kesehatan.

Namun lebih pada upaya peningkatan kerjasama atau sinergi antara institusi pemerintah dalam hal ini TNI dan Pemda dalam rangka mewujudkan program nasional yaitu program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga atau biasa disingkat KKBPK yang diamanatkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini BKKBN.

Tema pencanangan KB Kesehatan pada tahun ini yaitu melalui kegiatan KB Kesehatan, kita wujudkan sinergitas antara TNI, pemerintah daerah, dan BKKBN dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat guna membentuk keluarga yang berkualitas, sehat dan sejahtera.

“Diharapkan program KKBPK yang menitikberatkan pada pembangunan keluarga dapat disukseskan dengan peningkatan kerjasama dan sinergitas antar pemangku kepentingan. Sesuai dengan RPJMD Kota Tangsel¬† yang juga menitikberatkan pada pembangunan manusia berkualitas dan berdaya saing,” jelasnya.

Maka dengan adanya sinergitas ini semakin mempercepat capaian program dalam RPJMD Kota Tangsel. Pencanangan dan pelayanan KB Kesehatan tahun ini memiliki target sebesar 1.000 peserta, baik itu akseptor KB, pengobatan kesehatan umum, pemberian kacamata maupun donor darah di mana semua kegiatan ini merupakan kerjasama antara kodim 0506/tangerang dengan seluruh opd dan mitra terkait yang dimotori oleh DPMP3AKB kota Tangsel.(ADV)