Kerja Sama Personel Gabungan Mecegah Covid-19 Di Bekasi

FOTO: beritasatu.com/indolinear.com
Senin, 15 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Personel gabungan TNI, Polri, dan pemerintah daerah (pemda) terus bekerja sama mencegah penyebaran Covid-19. Personel Polrestro Bekasi dan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bekasi dikerahkan untuk memonitor pergerakan masyarakat di Terminal Kalijaya, Cikarang Barat. Personel gabungan menggelar rapid test antigen terhadap penumpang bus.

“Petugas gabungan yang melakukan swab antigen dari Polrestro Bekasi bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi dan pihak terkait di terminal Tangguh Jaya yang bertempat di Terminal Kalijaya,” kata Kapolrestro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, kepada wartawan, dilansir dari Beritasatu.com (14/03/2021).

Selain itu, pihaknya melakukan sosialisasi protokol kesehatan 5M yakni seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Masyarakat sudah menerapkan standar protokol kesehatan dengan baik,” imbuh Hendra.

Di Kabupaten Bekasi, posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, didirikan di 187 desa/kelurahan.

Posko PPKM Mikro di setiap desa/kelurahan, hanya menjalankan fungsi pengawasan penerapan protokol kesehatan. Misalnya, mengawasi penggunaan masker bagi warga yang beraktivitas di luar rumah, serta kepatuhan terhadap pembatasan jam operasional pelaku usaha.

Sementara fungsi 3T atau testing, tracing, treatment, dengan mempertimbangkan ketersediaan alat rapid test antigen atau swab PCR, tidak berjalan secara masif seperti awal-awal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kekuatan personel yang dikerahkan untuk setiap posko PPKM mikro di tingkat desa/kelurahan sekitar 10-15 personel. Terdiri dari petugas gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah setempat.

Contohnya seperti yang dilaksanakan jajaran Polrestro Bekasi Kota, Kodim 0507/Kota Bekasi serta aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Dalam sepekan terakhir, personel gabungan melakukan kegiatan PPKM mikro di wilayah Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi Utara, Bantargebang.

Wilayah Kecamatan Bekasi Barat melaksanakan kegiatan PPKM mikro di sektor jasa usaha kepariwisataan pada Rabu (10/3/2021).

“Petugas gabungan melaksanakan kegiatan monitoring PPKM mikro pukul 21.00-23.00 WIB,” kata Kasubag Humas Polrestro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari kepada wartawan, Minggu (14/3/2021).

Erna menjelaskan, kegiatan yang dilakukan memberikan imbauan kepada pelaku usaha terkait ketentuan jam operasional, hingga maksimal pukul 21.00 WIB. Mulai dari klub malam, karaoke, bioskop, biliar, panti pijat, arena bermain anak, kolam renang, pusat perbelanjaan, rumah makan atau restoran, gedung pertemuan, gedung pernikahan dan sebagainya.

“Kegiatan ini mengerahkan 10 personel gabungan,” ungkap Erna.

Di wilayah Bekasi Utara, personel gabungan menegakkan disiplin dan penerapan protokol kesehatan serta antisipasi gangguan kamtibmas, Kamis (11/3/2021) dini hari. Pasukan gabungan yang dikerahkan sebanyak 10 personel terdiri dari anggota Polsek Bekasi Utara, Koramil Bekasi Utara serta aparatur Kecamatan Bekasi Utara.

Kegiatan yang dilakukan berupa imbauan kepada anak remaja yang berkumpul untuk tidak bergerombol di jalan, karena mengantisipasi tawuran.

“Kami memberikan imbauan kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 kepada masyarakat yang masih berada di luar rumah untuk pulang ke rumah masing-masing dan jangan keluar rumah bila tidak penting,” ucap Erna. (Uli)

 

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: