Kereta Bandara Akan Diresmikan Awal Bulan Desember

wartakotatribunnewscom/indolinear.com
Sabtu, 25 November 2017
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Mulai awal bulan Desember mendatang, kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta siap dioperasikan.

Menurut rencana, Presiden RI Joko Widodo yang akan meresmikan operasional KA tersebut.

Menjelang peresmian tersebut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau langsung proses persiapan pengoperasian kereta bandara ini, Kamis (23/11).

Ia menggunakan kereta commuter line (KRL) Wijaya Kusuma dan tiba di Stasiun Batuceper, Tangerang.

Kedatangannya langsung disambut Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Senior Manager Bandara Soetta Suriawan Wakan.

Ia menjelaskan proses uji coba kereta bandara akan dilakukan pada Sabtu (25/11) besok.

Pengoperasiannya dari rute Stasiun Sudirman Baru-Duri-Batuceper-Bandara Soetta. Dan mulai resmi beroperasi pada 1 Desember 2017.

“Kita resmikan pada awal Desember. Sebenarnya tanggal 25 November sudah bisa operasi, tapi kita lebih safe kalau diberikan kesempatan PT Railink untuk uji coba,” ujar Budi.

Ia menambahkan pengoperasiannya nanti akan dibuat headway (jarak antarkereta) dengan waktu 30 menit, dimulai dari Duku Atas, dan berhenti hanya sekali di Batuceper.

“Dengan harapan dari Batuceper ada warga Tangerang serta Tangerang Selatan juga yang naik kereta ke bandara,” ucapnya.

Budi berharap pengoperasian kerata bandara ini secara penuh dapat beroperasi pada 1 Januari 2018, sebab pada Desember 2017 masih diberikan tarif promo yakni Rp 30.000 per penumpang.

Pada Januari 2018 baru akan diberlakukan tarif normal.

Menurut kabar, tarif normalnya Rp 100.000 per penumpang.

“Dengan adanya kereta bandara diharapkan 30 persen penumpang, orang yang menuju ke Bandara akan pindah menggunakan alat transportasi kereta. Kami yakin kereta bandara bisa digunakan oleh masyarakat, karena memang kereta api sangat digemari warga untuk berpergian,” kata Budi.

Minta fasilitas

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang mendampingi Budi Karya beserta sejumlah pejabat esselon I di lingkup Kemenhub, kemarin, meminta agar diberikan fasilitas penunjang bagi para penumpang di Stasiun Batuceper.

Tujuannya, agar dapat memaksimalkan moda transportasi yang dipersiapkan pemerintah.

“Kalau bisa tolong dibuatkan jembatan, jadi supaya warga bisa nyebrang ke stasiun dengan aman,” ujar Arief saat berada di Stasiun Batuceper, Tangerang, Kamis (23/11).

Selain itu, orang nomor satu di Kota Tangerang ini juga menyampaikan perlu adanya stasiun tambahan yang diharapkan dibangun di wilayah Kecamatan Neglasari.

“Kita bisa minta ditambahin satu stasiun di Neglasari, supaya warga kota bisa naik dari sana,” ucapnya.

“Dan kalau bisa pembangunannya diterusin sampai wilayah Teluknaga dan Bojongrenget, biar ngurangin beban macet di area sekitar bandara juga,” kata Arief.

Siap beroperasi

Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, sudah siap dioperasikan. Stasiun ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna jasa Bandara Soetta.

Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, mengungkapkan sejumlah fasilitas yang dapat dinikmati masyarakat di Stasiun Kereta Bandara adalah mesin self check-in Kiosk, flight information display system (FIDS) atau jadwal penerbangan berukuran besar sebanyak enam unit. Selain itu juga terdapat vending machine atau mesin tiket elektronik.

“Gedung berlantai dua tersebut juga dilengkapi dengan internet protocol television (IPTV) tujuh unit, delapan unit autogate, dua lift, empat eskalator, 24 CCTV, dan delapan toilet,” ucapnya.

Branch Communication Manager, Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta, Dewandono Prasetyo juga menambahkan selain itu juga stasiun ini akan terhubung dengan rel Skytrain atau biasa disebut Skybridge.

“Stasiun ini akan dikelola PT Railink. Sedangkan pengoperasian kereta oleh PT KAI,” kata Pras.

Ke depannya setiap hari akan ada 82 jadwal kereta di Stasiun KA Bandara. Keberangkatan pertama nantinya berasal dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB.

“Sampai di Stasiun Bandara sekitar pukul 04.18 WIB. Ada pun jadwal keberangkatan nantinya setiap 30 menit. Sedangkan waktu pemberhentian setiap 15 menit. Adapun transaksi sudah cashless. Untuk pemesanan tiket online agar bisa dipesan melalui aplikasi Indonesia Airport,” paparnya. (Uli)