Kepala Desa Mulai Diperiksa BPK

FOTO: indolinear.com
Selasa, 12 April 2016

Indolinear.com, Tigaraksa – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten mulai melakukan pemeriksaan terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2015 di Kabupaten Tangerang.

Pemeriksaan bertujuan untuk mengecek secara langsung antara laporan dengan fisik bangunannya.

“Kita melakukan sampling di beberapa desa yang telah menyerahkan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana desa tahun 2015, untuk mengecek secara langsung antara fisik dengan apa yang ada di dalam laporan pertanggung jawaban,” ungkap Zahirman, Kepala Tim Audit Badan Pemeriksa.

Keuangan Provinsi Banten saat ditemui Satelit News usai melakukan pemeriksaan di Desa Sodong, Tigaraksa, Jumat (8/4).

Terkait masih banyaknya desa yang belum menyerahkan LPJ APBDes tahun 2015, Jahirman mengaku berencana mendatangi beberapa desa yang belum menyerahkan LPJ APBDes tahun 2015 tersebut.

“Kami ingin mengetahui apa yang menjadi kendala kenapa masih banyak desa yang belum menyerahkan LPJ APBDes tahun 2015,” ungkapnya.

Jahirman mengaku, berdasarkan pemeriksaan hari pertama ini di Desa Sodong Tigaraksa, dirinya tidak menemukan kesalahan dalam pelaporan LPJ APBDes-nya.

“Alhamdulillah semua sesuai dengan anggaran dan fisik yang ada dalam laporan pertanggung jawaban,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Sodong Dony Bambang Priyangga, membenarkan bahwa auditor BPK telah mengecek kegiatan fisik jalan yang di bangun menggunakan dana desa.

“Tiga buah kegiatan fisik yang menggunakan dana desa tadi telah di periksa oleh BPK,” ungkapnya.

Sumber : satelitnews.com