Kenapa Jersey Timnas U23 Indonesia Tampil Beda Berwarna Hijau?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 8 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Timnas U23 Indonesia tampil beda pada laga pembuka SEA Games 2021, Indonesia vs Vietnam.

Timnas U23 Indonesia tampil dengan warna dominan hijau dengan celana putih pada laga Indonesia vs Vietnam, Jumat (6/5/2022) di Stadion Viet Tri.

Warna hijau sejatinya tidak begitu asing. Sebab, warna tersebut acapkali muncul di jersey timnas Indonesia meski secuil.

Kenapa jersey timnas Indonesia berwarna hijau?

Arti Warna Hijau pada Jersey Timnas Indonesia

PSSI pernah menjelaskan adanya warna hijau bagi timnas Indonesia.

“Warna hijau sendiri memiliki makna sebagai kesuburan, kesegaran, kedamaian, dan keseimbangan,” tulis PSSI di akun Twitter resmi Mereka, dilansir dari Kompas.com (07/05/2022).

“Adanya unsur warna hijau pada beberapa versi jersey Timnas Indonesia diharapkan dapat memberikan faktor yang positif.”

Selain itu, masih menurut PSSI, warna hijau juga untuk menyelaraskan kekuatan dan keberanian pada warna merah dan kesucian pada warna putih.

Alasan lain penggunaan warna hijau pada jersey Garuda tak lepas dari warna kebesaran PSSI.

Hal itu sesuai dengan Statuta PSSI Pasal 2 ayat 6. “Bendera PSSI berwarna hijau dengan logo PSSI,” tulis penjelasan PSSI.

Sejarah Warna Hijau pada Jersey Timnas Indonesia Merunut sejarah sepak bola Indonesia, pertama kalinya warna hijau hadir pada 1950-an. Saat itu, warna hijau pada jersey timnas Indonesia sudah mulai dipergunakan.

Dari penjelasan PSSI, dengan adanya warna hijau pada seragam timnas Indonesia hampir membawa skuat Garuda melaju ke Piala Dunia 1958 di Swedia.

“Dengan jersey berunsur warna hijau tersebut, timnas Indonesia pernah hampir lolos ke Piala Dunia 1958 di Swedia setelah tampil apik di pertandingan kualifikasi,” tulis PSSI.

Setelah bertahun-tahun tidak menggunakan unsur hijau di jersey timnas Indonesia, PSSI mencoba mengulanginya kembali. Saat itu, timnas Merah Putih berlaga di Piala Asia 2007 yang kebetulan digelar di Indonesia.

Kombinasi warna hijau, merah, dan putih di bagian seragam Bambang Pamungkas dkk membuat sang Garuda mencoba berjaya di level Asia.

Lawan-lawan yang dihadapi timnas Indonesia sangat berat, seperti Bahrain, Arab Saudi, dan Korea Selatan. Namun dengan semangat yang membara timnas Indonesia berhasil mengalahkan Bahrain dengan skor 2-1 lewat gol Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Sayangnya skuat asuhan Ivan Kolev itu tidak lolos ke babak selanjutnya. Tim Merah Putih menyerah dengan skor 1-2 dari Arab Saudi, dan tumbang dengan skor tipis 1-0 saat bersua Korea Selatan. (Uli)