Kenang 23 Tahun Frank Sinatra Meninggal Akibat Serangan Jantung

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 14 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sejarah mencatat hari ini 23 tahun lalu, 14 Mei 1998, adalah akhir hayat penyanyi, aktor, dan ikon bisnis pertunjukan legendaris Frank Sinatra.

Mengutip dari Liputan6.com (12/06/2021) , Frank Sinatra meninggal karena serangan jantung di Los Angeles, pada usia 82 tahun.

Frank Sinatra lahir dari keluarga keturunan Italia-Amerika di Hoboken, New Jersey, dan menjelma menjadi superstar musik populer modern pertama, dengan karier hiburan yang membentang lebih dari lima dekade. Dalam inkarnasi pertama karir menyanyinya, dia adalah master balada romantis yang populer selama Perang Dunia II.

Setelah daya tariknya mulai berkurang pada akhir 1940-an, Frank Sinatra menemukan kembali dirinya dengan gaya menyanyi baru dan kembali spektakuler pada 1950-an.

Selain kesuksesan musiknya yang luar biasa, Sinatra muncul dalam 58 film; salah satu karyanya yang paling awal adalah Anchors Aweigh (1945). Lalu berperan sebagai seorang prajurit keturunan Italia-Amerika sombong yang menemui kematian menyedihkan dalam From Here to Eternity (1953), dalam karya yang juga dibintangi oleh Burt Lancaster dan Montgomery Clift, Sinatra memenangkan Academy Award untuk Best Supporting Actor atau Aktor Pendukung Terbaik.

Karir filmnya berkembang setelah itu, saat ia membintangi Nathan Detroit dalam film musikal Guys and Dolls (1955) dan memerankan seorang pecandu heroin di The Man With the Golden Arm (1955), di mana ia dinominasikan untuk Oscar untuk Best Actor (Aktor Terbaik). Dia juga membintangi musikal High Society (1956) dan Pal Joey (1957) serta tampil mengesankan sebagai penyelidik Angkatan Darat dalam film terkenal The Manchurian Candidate (1962).

Pada akhir 1950-an, Frank Sinatra telah menjadi lambang kesuksesan dan keglamoran bisnis pertunjukan, maskulinitas yang sempurna. Dia bahkan memimpin rombongannya sendiri, yang dikenal sebagai Rat Pack, termasuk Sammy Davis Jr., Dean Martin, Peter Lawford, dan Joey Bishop. Grup ini awalnya dibentuk di sekitar Humphrey Bogart, yang meninggal pada tahun 1957.

Rat Pack pertama kali muncul bersama di layar lebar pada tahun 1960-an melalui Ocean’s Eleven. Mereka kemudian muncul lagi di Sergeant’s Three (1962), Four for Texas (1963) dan Robin and the Seven Hoods (1964). Di layar dan dalam kehidupan nyata, tempat-tempat terkenal yang ‘dijajah’ Rat Pack termasuk Las Vegas, Los Angeles, dan New York (terutama Copacabana Club).

Frank Sinatra bekerja dengan mantap di film sepanjang tahun 1960-an, meskipun banyak dari penampilannya tampak hampir asal-asalan. Peran utama Hollywood terakhirnya tercatat di The First Deadly Sin tahun 1980-an.

Perjalanan Cinta Hingga Akhir Hayat

Seorang selebritas tampan terkenal, Frank Sinatra tercatat menikah empat kali.

Frank Sinatra menceraikan kekasih lamanya Nancy Barbato setelah satu dekade dan memiliki tiga anak (Nancy, Frank Jr. dan Christina). Ia menikah dengan aktris Ava Gardner pada tahun 1951. Pernikahan mereka berlangsung kurang dari dua tahun, dan pada tahun 1966 Sinatra menikah dengan aktris berusia 21 tahun Mia Farrow, 30 tahun lebih muda; mereka bercerai pada tahun 1968.

Pada tahun 1976, ia menikah dengan Barbara Blakely Marx (mantan istri Zeppo Marx), dan mereka bersama sampai kematiannya. (Uli)