Kenali Dampak Yang Bisa Dialami Mental Akibat Kebiasaan Tidur Mendengkur

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 9 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mendengkur atau mengorok merupakan sebuah kebiasaan tidur yang sangat mengganggu. Bukan hanya pada orang lain, kebiasaan mendengkur ini juga bisa berdampak pada diri sendiri baik secara fisik maupun mental.

Pada saat tidur, otak juga butuh untuk istirahat agar bisa berfungsi secara normal. Walau begitu, sesungguhnya ketika tidur, otak juga masih bekerja secara terbatas.

Sayangnya kebiasaan mendengkur ini bisa menyebabkan otak bekerja lebih keras dibanding sebelumnya ketika tertidur. Kebiasaan mendengkur ini membuat seseorang menjadi kelelahan ketika bangung tidur.

Kondisi kurang tidur yang dialami oleh seseorang ini bisa memberikan dampak psikologis pada saat tidur. Dilansir dari Liputan6.com (07/07/2020), berikut sejumlah dampak yang bisa dialami mental seseorang akibat tidur mendengkur.

Dampak Mendengkur saat Tidur

– Mendengkur bisa berujung pada kecemasan dan membuat seseorang kesulitan untuk mengatasi stres. Bagi mereka yang sudah mengalami kecemasan, kurang tidur bisa membuat gejala ini jadi memburuk.

– Mereka yang mengalami gangguan tidur cenderung lebih rentang mengalami depresi. Kurangnya oksigen serta gangguan tidur bisa menyebabkan perubahan di fungsi otak yang berujung depresi.

– Secara mengejutkan, mereka yang mendengkur juga bisa mengalami masalah dalam kehidupan ranjang. Mendengkur diketahui bisa meningkatkan risiko menurunnya kepuasan seksual.

– Mendengkur bisa menurunkan rasa percaya diri yang mereka miliki. Hal ini bahkan selanjutnya bisa berdampak buruk pada hubungan yang mereka jalin.

– Kurang tidur diketahui bisa membuat seseorang menjadi lebih sensitif secara emosional. Selain itu, hal ini bisa membuat seseorang mengalami disorientasi, mudah lelah, serta bahkan menurunkan toleransi terhadap rasa frustasi.

– Gangguan serta kurangnya tidur ini juga bisa menyebabkan masalah pada karier seseorang. Lebih lanjut, hal ini juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja.

Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur saat Tidur

Perubahan gaya hidup bisa membantu mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mendengkur.

– Menurunkan berat badan hingga ideal.

– Mengubah posisi tidur.

– Menghindari makan besar sebelum waktu makan.

– Mencari bantuan medis bagi alergi dan masalah pernapasan.

– Berhenti merokok dan mengindari konsumsi alkohol sebelum tidur. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: