Kemkominfo sebut Bakal Membantu 200 Titik Pos TNI Di Wilayah Terluar Terhubung Satelit

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 13 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan akan memberikan dukungan terhadap 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar melalui akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit.

“Ini akan dilaksanakan di tahun 2022,” ungkap Johnny ketika bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dilansir dari Merdeka.com (12/01/2022).

Secara teknis, Menkominfo menyebut infrastruktur di 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar itu paling feasible dan cepat adalah menggunakan teknologi Vsat yang dihubungkan langsung ke satelit. Saat ini Kemkominfo mempunyai kapasitas yang cukup untuk mendukung layanan TNI di wilayah terluar.

“Kalau yang berkaitan dengan secure communication itu betul-betul domain militer. Namun, (dukungan Kominfo) berkaitan dengan komunikasi nonmiliter untuk memberikan layanan pertahanan negara di wilayah 3T,” jelasnya.

Jenderal Andika Perkasa mengatakan masih banyak titik operasi TNI yang belum terjangkau akses komunikasi. Tidak hanya di Kalimantan dan Papua tetapi juga di beberapa kepulauan lainnya.

“Ternyata begitu banyak pos kita yang tidak ada sarana komunikasi. Karena apa? Karena memang sinyalnya tidak ada, sehingga untuk laporan saja harus nyebrang pulau,” jelasnya. (Uli)