Kemkominfo Beri Lampu Hijau XL Axiata Menggelar Layanan 5G

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 26 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – XL Axiata akhirnya telah mendapatkan izin operasional 5G setelah melakukan uji laik operasi (ULO). Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

“Hari ini, kita bersama-sama menyambut XL Axiata yang baru saja mendapatkan surat keterangan SKLO layanan 5G pada 6 Agustus 2021 setelah ULO pada 3-5 Agustus 2021. Jadi satu hari setelah sukses, langsung dapat SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi),” ungkap Johnny saat konferensi pers virtual, dilansir dari Merdeka.com (25/08/2021).

Dilanjutkan Johnny, proses ULO yang dilakukan oleh XL Axiata berada di kawasan Margonda, Kota Depok, Jawa Barat. Dengan demikian, kata dia, saat ini sudah ada tiga operator seluler yang dapat menghadirkan layanan 5G di Indonesia.

“Ke depannya tentu, kita harus menjaga agar komersialisasi 5G dapat berkembang dengan baik di Indonesia. Penerbitan SKLO kepada XL Axiata sesuai dengan amanat pasal 4 Permen Kominfo No 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Keberadaan operator ini, menunjukan bahwa industri 5G dapat berkembang secara komersial walaupun saat ini masih tahap initial commercial operation,” ungkapnya.

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata mengatakan, pada dasarnya pihaknya sudah melakukan uji coba terbatas 5G jauh sebelum melangsungkan ULO. Persiapan penggelaran layanan 5G telah dilakukan secara matang sehingga proses ULO berjalan lancar dan singkat.

“Untuk itu kami berterima kasih kepada Pak Menteri dan jajaran Kominfo yang telah mendukung porses ULO XL Axiata. Diterimanya SKLO 5G dari Kemkominfo sekaligus menandai perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya membangun Indonesia digital. Usia ini merupakan usia perak yang juga menandai milestone kami. Ini sesuatu yang sangat berarti buat kami di saat peryaan ultah,” terang Dian.

Setelah ini, Dian mengatakan akan secara bertahap menggelar layanan 5G di seluruh Indonesia. Sayangnya, dia belum menjelaskan kota-kota mana saja yang akan dihadirkan layanan 5G pertama XL Axiata. Selain itu, pihaknya juga akan membantu mempercepat ekosistem 5G yang dibutuhkan. Seperti halnya smartphone 5G.

“Tentu pelanggan harus punya smartphone 5G agar bisa menikmati layanannya,” jelas Dian. (Uli)