Kementerian Agama Siapkan Asrama Haji Pondok Gede Menjadi Tempat Karantina Jemaah Umrah

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 22 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Asrama Haji Pondok Gede di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur bakal menjadi tempat karantina bagi jemaah umrah saat pulang kembali ke Indonesia.

Kasubdit Pemantauan Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Noer Alya Fitra mengatakan pihaknya sedang melakukan persiapan sarana dan prasarana bagi jemaah.

“Kami saat ini tengah mempersiapkan asrama haji sebagai salah satu tempat bagi karantina pelaku perjalanan luar negeri khusunya bagi jemaah umrah,” kata Noer di Jakarta Timur, dilansir dari Tribunnews.com (21/01/2022).

Pada dua hari lalu Satgas Covid-19 Nasional sudah meninjau Asrama Haji Pondok Gede untuk memastikan seluruh sarana dan prasarana yang ada mumpuni jadi tempat karantina.

Dari hasil tinjauan tersebut Satgas Covid-19 Nasional sudah menyampaikan sejumlah rekomendasi peningkatan layanan di Asrama Haji Pondok gede jadi tempat karantina.

“Adapun kapasitas karantina kemarin sudah diperkirakan antara 500 sampai 700 jemaah yang bisa ditampung. Kemudian persiapan-persiapan dan koordinasi internal sedang kita mantapkan,” ujarnya.

Noer menuturkan pihaknya menargetkan dalam waktu dekat seluruh persiapan Asrama Haji Pondok Gede jadi tempat karantina segera rampung sesuai standar Satgas Covid-19 Nasional.

Ini sesuai kesepakatan Komisi VII DPR RI dan Kementerian Agama menjadikan Asrama Haji Pondok Gede jadi tempat karantina, agar para jemaah umrah tidak terbebani karantina di hotel.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita mampu untuk memenuhi seluruh rekomendasi dari satgas covid tersebut dan asrama haji bisa di finalisasi menjadi tempat karantina bagi jemaah umroh,” tuturnya. (Uli)