Kemenkeu Menerima Surat Bekasi Yang Ingin Ubah Sampah Selapangan Jadi TPS

FOTO: detik.com/indolinear.com
Sabtu, 20 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyurati Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk meminta izin mengubah lahan tempat pembuangan sampah liar menjadi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah. Kemenkeu sudah menerima surat Rahmat Effendi.

“Suratnya baru diterima Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kemarin, 18 Februari 2021. Saat ini masih dalam proses penelitian,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Rahayu Puspasari, dilansir dari Detik.com (19/02/2021).

Lokasi hamparan sampah seluas lapangan sepakbola tersebut berada di dekat Gerbang Tol Kalimalang 1, yakni dekat Kampung Caman Kelurahan Jakasampurna, berbatasan dengan Kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat. Lahan tersebut merupakan aset Kemenkeu, sehingga Pemkot Bekasi merasa perlu meminta izin terlebih dahulu ke Kemenkeu sebelum mengubah lahan tersebut sebagai TPS.

“Prinsipnya, DJKN sedang mengkaji untuk mengupayakan pengelolaan aset tersebut melalui pemanfaatan, penggunaan, penyertaan modal pemerintah atau pemindahtanganan,” kata Rahayu.

Surat dari Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi itu tertanggal 9 Februari 2021, perihal ‘Permohonan Pinjam Pakai Tanah ex PT Albaraya di Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi’. Disebutkan, lahan itu merupakan lahan bekas PT Albaraya di bawah pengyasaan Kemenkeu. Luasnya sekitar 21 hektare terletak di RW 08 dan RW 09 Kelurahan Bintara Jaya serta RW 016 Kelurahan Jakasampurna.

“Atas permohonan Pemerintah Kota Bekasi, pada prinsipnya Kemenkeu senantiasa siap mendukung program pemerintah Pusat/Daerah,” kata Rahayu.

Pemkot Bekasi ingin menjadikan lahan itu sebagai TPS 3R karena volume sampah di lokasi itu sudah sangat banyak. Meski demikian, warga Kampung Caman dekat lahan sampah tersebut menolak.

“Hal ini dilakukan mengingat sampah yang bertumpuk di lahan tersebut volumenya sudah sangat besar, dikarenakan sudah terjadi selama bertahun-tahun,” demikian tulis Pemkot Bekasi dalam surat kepada Kemenkeu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: