Kemenhub Mensosialisasikan Aturan Keselamatan Pesepeda dan Gerakan Peduli Kesehatan 3M

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 27 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Melihat peningkatan tren olahraga bersepeda di tengah masa pandemi Covid-19, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Aturan Keselamatan Pesepeda Di Jalan dan Gerakan Peduli Kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak), Jumat (18/9/2020).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020 dengan tema “Wujudkan Asa Majukan Indonesia”.

Dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti ketentuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Provinsi DKI Jakarta, acara dimulai dengan diskusi yang disiarkan secara virtual terkait aturan keselamatan bersepeda yang dilanjutkan dengan bersepeda di Kawasan Gelora Bung Karno dan diakhiri dengan perjalanan menggunakan MRT Jakarta dari Stasiun Istora Mandiri menuju Stasiun Bundaran HI.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan, olahraga bersepeda bagus sekali untuk menjaga metabolisme tubuh.

Untuk itu, Kemenhub pun melakukan Sosialisasi Aturan Keselamatan Pesepeda Di Jalan agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana bersepeda yang aman dan nyaman.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa sepeda yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki spakbor, bel, rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya berwarna putih atau kuning dan pedal.

“Selain itu, untuk berkendara sepeda yang aman, pesepeda pada malam hari harus menyalakan lampu serta menggunakan atribut yang dapat memantulkan cahaya, memakai alas kaki, dan memahami serta mematuhi tata cara berlalu lintas,” ucap Dirjen Budi Setiyadi, dilansir dari Tribunnews.com (26/09/2020).

Berlanjut pada kegiatan di Stasiun MRT Istora Mandiri, Menhub beserta jajaran serta bintang tamu Deddy Corbuzier dan Ryan D’Masiv pun melakukan Gerakan Peduli Kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) serta menempel stiker untuk mematuhi gerakan 3M.

Melalui kegiatan ini, selain mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat seperti berolahraga, minum vitamin serta makan makanan yang bergizi agar imun tubuh menjadi kuat dan tidak mudah tertular Covid-19, Menhub Budi Karya pun mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan 3M dalam setiap kegiatan.

“Kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun kita berada untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, apalagi di tempat umum seperti Stasiun MRT ini kita harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu kita lakukan sosialisasi agar masyarakat lebih mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Menhub Budi Karya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: