Kelurahan Pondok Jagung Timur Gelar Pelatihan Pembuatan Olahan Ikan

FOTO: Eksklusif Kecamatan Serpong Utara for indolinear.com
Kamis, 12 November 2020
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Kelurahan Pondok Jagung Timur menggelar pelatihan pembuatan makanan dari olahan ikan bagi masyarakat untuk mendukung program ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi di masa pandemi.

Lurah Pondok Jagung Timur yakni Jayadih mengatakan kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatan keterampilan masyarakat sehingga membuka usaha terutama disaat kondisi seperti ini untuk memenuhi kebutuhan ekonomi warga.

Adapun jenis pelatihan yang diberikan mulai dari teori hingga praktek membuat makanan olahan dari ikan yakni empek – empek, tekwan dan otak-otak. “Jadi warga bisa membuatnya langsung di rumah. Ini untuk meningkatkan ekonomi warga juga,” kata dia.

Jumlah warga yang terlibat dalam pelatihan ini ada 50 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang digelar di Aula Kelurahan Pondok Jagung Timur.

“Dari 50 orang ini bisa menularkan ilmunya kepada warga lain dan semakin banyak usaha baru yang tercipta dalam masa pandemi ini,” ujarnya.

Camat Serpong Utara Bani Khosyatullah mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemkot Tangerang Selatan membantu warga meningkatkan ekonomi di masa pandemi.

Tak hanya fokus pada urusan ketahanan pangan tetapi juga bisa mengembangkan usaha melalui UKM. Oleh karena itu, untuk membantunya diberikan pelatihan terlebih dahulu.

“Setelah pelatihan ada warga yang membuka usaha empek – empek. Karena ini bisa dilakukan di rumah dan mudah diterapkan,” ujarnya.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, warga harus meningkatkan keterampilan di masa pandemi untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan ekonomi.

Pemkot Tangsel, lanjutnya, akan membantu dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan oleh warga setempat yang dibimbing oleh dinas terkait.

“Nantinya penjualan bisa dilakukan secara online dan akan dibantu Dinas Koperasi dan UKM. Pelatihan di Kelurahan ini agar merata tercapai ke semua wilayah,” ujarnya.(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: