Kelly Clarkson, Pelayan yang Jadi Pemenang Ajang American Idol Pertama

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 5 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada 4 September 2002, Kelly Clarkson yang sebelumnya bekerja sebagai seorang pelayan berusia 20 tahun dari Texas, berhasil memenangkan ajang bergengsi American Idol pertama. Momen tersebut disiarkan langsung televisi dari Kodak Theater di Hollywood.

Melansir dari Liputan6.com (03/10/2020), Clarkson menjadi yang teratas dalam kontes menyanyi tersebut, di atas runner-up kedua yakni Justin Guarini.

Usai kemenangannya, ia dianugerahi kontrak rekaman dan kemudian menjual jutaan album dan membangun karier musik yang sukses.

Berawal dari musim pertama tersebut, American Idol pun menjadi salah satu program TV terpopuler dalam sejarah AS dan melahirkan banyak acara kompetisi bakat lainnya.

Pemenang di Musim Selanjutnya

Setelah kemenangan Clarkson di Musim Pertama, pemenang American Idol berikutnya adalah Ruben Studdard, Fantasia Barrino, Carrie Underwood, Taylor Hicks, Jordin Sparks, dan David Cook yang memiliki berbagai tingkat kesuksesan dalam karier musik mereka.

Dalam beberapa kasus, runner-up American Idol seperti Clay Aiken dan Chris Daughtry telah menjual lebih banyak rekor daripada pemenang pertamanya.

American Idol didasarkan pada acara TV Inggris bernama Pop Idol yang dikembangkan oleh eksekutif hiburan kelahiran Inggris, Simon Fuller dan memulai debutnya di Inggris pada tahun 2001.

Konsep Idol dipasarkan di Amerika Serikat dan dilaporkan ditolak oleh beberapa jaringan TV sebelum Fox mengambilnya.

The American Idol Premiere, yang ditayangkan pada tanggal 11 Juni 2002, dibawakan bersama oleh Ryan Seacrest dan Brian Dunkleman dan dibintangi oleh tiga juri yakni eksekutif musik Inggris Simon Cowell, penyanyi dan koreografer Paula Abdul serta musisi sekalgius produser Randy Jackson.

Pertunjukan itu diikuti para juri saat mereka memilih kontestan, yang diwajibkan oleh remaja atau mereka yang beranjak dewasa dari audisi terbuka di seluruh Amerika Serikat.

Kontestan yang lolos akan diterbangkan ke Hollywood, di mana mereka akhirnya dipilih lagi menjadi 10 finalis, yang tampil langsung di televisi dan mendapat kritik dari para juri. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: