Kelahiran Hyundai Casper, Si Mungil Dari Korea Selatan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 10 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Rencana kelahiran Hyundai Casper sebenarnya sudah tercium selama beberapa waktu lalu. Beberapa kali juga Hyundai kedapatan tengah menguji citycar bergaya SUV tersebut.

Casper akan menjadi produk SUV Hyundai paling kecil. Produk ini rencananya akan diperkenalkan di Korea Selatan akhir bulan ini lalu penjualan akan berlanjut di India pada awal 2022. Kemungkinan pasar Eropa kebagian setelah itu.

Meski informasi detail belum tersedia, setidaknya saat iniĀ  publik sudah tidak terlalu penasaran dengan sisi eksterior Casper. Kalau sebelumnya khalayak hanya bisa menerka karena tampilan masih tertutup kamuflase. Kali ini sudah bisa dinilai sepenuhnya dari tampak luar.

Desain eksterior Casper terbilang unik. Karakternya terlihat mengotak dengan siluet SUV yang termasuk kekar dan modern.

Penggunaan desain grille khas Hyundai yakni lubang angin dengan detail 3D di depan juga hadir bersamaan dengan LED DRL. Headlamp berteknologi LED dengan bentuk melingkar yang kini hadir di bagian bumper bawah, juga jadi poin unik.

Area kaki-kaki memiliki profil mengotak terutama di rumah roda. Garis jendelan tergolong menarik karena berbeda bentuk antara depan dan belakang. Sekilas Casper ini menyerupai desain Suzuki Ignis terutama saat dilihat sekilas dari samping.

Pilar A diberi sentuhan warna hitam dan pilar B menggunakan kelir senada bodi kendaraan. Pegangan pintu baris kedua dibuat tersembunyi dengan meletakkan pada pilar C. SUV ini juga mendapat roof rails dan pelek dengan desain dual tone.

Bagian belakangnya, stoplamp model segitiga dengan teknologi LED jadi penanda mobil SUV ini. Lampu belakang model bundar ini dipasangkan di bagian bumper bawah, menyesuaikan lampu depan. Bumper belakangnya juga mendapatkan skid plate dengan warna perak, dilansir dari Liputan6.com (08/09/2021).

Informasi Spesifikasi yang Beredar

Hyundai sendiri belum bicara banyak mengenai produk barunya ini. Namun dari informasi yang sudah beredar, dimensi Casper terukur dengan panjang 3.599 mm, lebar 1.595 mm, dan tinggi 1.575 mm.

Bila dibandingkan dengan model yang ditawarkan di Indonesia saat ini, Suzuki Ignis yang akan menjadi jawabannya. Nissan Magnite dan Renault Kiger yang baru meluncur juga masuk sebagai pesaing. Sedang duet Raize dan Rocky secara ukuran panjang berada di kisaran 4 meter.

Bagian interior Casper masih terselubung misteri. Namun dari foto yang sudah beredar, warna dasbornya didominasi putih. Head unitnya sudah touchscreen dan dipastikan dapat tersambung ke telepon pintar layaknya head unit Hyundai selama ini. Tambahan lain adalah kepastian Casper dapat fitur sunroof di atap baris pertama.

Soal mesin juga masih simpang siur namun ada beberapa mesin yang diduga kuat mengisi jantung pacu Casper. Pilihannya antara lain 1.0L naturally aspirated atau 1.0L turbo bensin untuk di Korea Selatan.

Mesin NA Casper dapat memproduksi 76 hp sedangkan 1.0L turbo akan memproduksi 100 hp yang dipasangkan dengan transmisi 4 speed automatic, seperti yang tertanam pada Hyundai Venue di India.

Apakah SUV mikro Hyundai Casper ini bakal masuk Indonesia? Boleh saja berharap. Pasalnya Hyundai tengah menggarap pasar Indonesia menjadi semakin besar didukung dengan pembangunan pabrik di kawasan Cikarang.

Kedatangan Casper bisa menambah pilihan dan variasi model Hyundai di pasar Tanah Air. Apalagi, saat ini sudah ramai kontestan SUV dengan ukuran sangat ringkas. (Uli)