Keistimewaan Small Forward Dibanding Pemain Lain Dalam Olahraga Bola Basket

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 6 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Small forward adalah salah satu posisi pemain dalam permainan bola basket. Small forward dianggap sebagai pemain serbaguna dan ia harus memiliki kemampuan istimewa dalam bertahan dan menyerang.

Beberapa contoh bintang basket dunia yang berposisi small forward adalah LeBron James, Kevin Durant, dan legenda NBA, Larry Bird.

Dikutip dari Kompas.com (05/08/2021), small forward juga disebut dengan pemain Posisi 3 dalam permainan bola basket. Tugas utama seorang small forward adalah mencetak poin.

Oleh karenanya, small forward biasanya diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu (one-on-one) dengan pemain lawan. Dengan kata lain, pemain yang bertugas melakukan penetrasi ke pertahanan lawan dan harus memiliki kemampuan di atas rata-rata disebut small forward.

Akan tetapi, tugas small forward tidak hanya melakukan penetrasi ke pertahanan lawan dan mencetak poin.

Dalam situasi tertentu, seorang small forward juga bisa berperan seperti power forward yaitu melakukan rebound baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang.

Oleh karena itu, pemain yang menempati posisi small forward harus memiliki kemampuan istimewa dalam melakukan umpan, dribble, rebound, defense, dan juga menembak atau shooting.

Keistimewaan small forward Secara fisik, postur seorang small forward umumnya lebih pendek dari power forward atau center. Selain itu, ia juga wajib memiliki kemampuan penetrasi yang cepat.

Berikut adalah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh small forward.

  1. Small forward harus bermain agresif dan kuat serta bisa melakukan dribble secara lincah.
  2. Small forward juga bisa mengemban tugas menolong dan mengambil peran point guard yang berada dalam tekanan lawan.
  3. Di dalam sebuah tim, small forward adalah seorang playmaker, sehingga ia harus punya kemampuan yang bagus dalam hal rebound, membawa bola, mencetak angka melalui cara yang bervariasi, dan menemukan rekan yang berada dalam posisi terbuka.
  4. Small forward harus memiliki kemampuan bertahan (defense) dan menyerang (offense) sama baiknya.
  5. Dalam situasi bertahan, small forward memiliki tugas untuk menjaga shooting guard atau small forward dari tim lawan. (Uli)