Kehadiran Kia Grand Sedona Terbaru Di Indonesia Semakin Dekat

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 5 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Setelah melakukan penyegaran dua tahun sebelumnya, rupanya Kia sepertinya berencana untuk menghadirkan model terbaru Grand Sedona.

Hal itu ditunjukkan oleh akun Instagram @d3rr14z1z, Rabu (27/8/2021), di mana foto MPV Kia Carnival terlihat di lokasi Wisma Indomobil.

Sebagai informasi Kia Carnival dan Kia Grand Sedona merupakan mobil yang sama dengan nama yang berbeda. Nama Carnival digunakan untuk beberapa pasar seperti Korea Selatan, sedangkan Sedona diperuntukkan pasar global.

Jika dicermati dari foto tersebut, terlihat tampang belakang berbeda dengan Kia Grand Sedona saat ini. Lampu belakangnya menyambung dari kiri ke kanan, serta bentuk bumper baru yang lebih tegas dan sporti.

Selain itu terlihat juga rongga garis lurus di samping menandakan adanya power sliding door dan logo ‘CRDi’ di kanan bawah, yang artinya mesin bawaannya berbahan bakar diesel.

Namun selain hal-hal tersebut, belum diketahui spesifikasi, harga, serta fitur yang mungkin masuk ke Indonesia.

Sekadar informasi, Kia Carnival terbaru sudah lebih dahulu meluncur di Korea Selatan pada bulan September atau Oktober di tahun 2020. Sementara untuk pasar global, mobil tersebut dijual pada awal tahun 2021, dilansir dari Liputan6.com (03/09/2021).

Fitur-Fitur

Di Amerika Serikat, Kia Carnival tersedia dengan berbagai varian. Tipe paling menarik adalah SX Prestige yang hanya bisa menampung tujuh penumpang, tetapi baris kedua menggunakan captain chair dengan leg support.

Sedangkan Kia Grand Sedona di Indonesia bisa menampung hingga 11 penumpang, membuatnya lebih praktis namun tidak semewah Kia Carnival di Amerika Serikat.

Kia Carnival terbaru disematkan berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan seperti sistem audio buatan BOSE, blind spot view monitor, kamera 360 derajat, smart cruise control, rear cross traffic alert, dan masih banyak lagi.

Sementara Kia Grand Sedona di Indonesia dibekali dual sunroof, pintu bagasi otomatis, tirai di baris kedua dan ketiga, wireless charging, spion tengah elektrokromatik, 6 airbags, sensor parkir depan dan belakang, serta kamera mundur.

Dapur pacu Kia Carnival di Amerika Serikat menggunakan mesin 3.500cc V6 bensin dengan semburan tenaga sebesar 290 hp dan torsi maksimal 355 Nm.

Sedangkan Kia Grand Sedona di Indonesia dibekali 2 pilihan jantung pacu. Pertama mesin 2.200cc empat silinder diesel dengan total output 199 hp dan torsi 441 Nm, lalu kedua dapur pacu 3.300cc V6 yang mempunyai daya pacu 266 hp dan torsi sebesar 318 Nm. (Uli)