Kegigihan Yusuf Wonda, Berbekal Nasi Tahu Tak Cengeng Ikut Seleksi TNI

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 12 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Perjuangan tidak pernah mengkhianati hasil. Ungkapan itu mungkin cocok disematkan untuk Yusuf Wonda. Sosok putra Papua Yusuf Wonda, beberapa waktu lalu sempat menarik perhatian publik, setelah kisahnya viral karena hanya membawa bekal nasi putih dengan lauk tahu saat mengikuti ujian tes masuk tentara.

Berasal dari keluarga yang sederhana, kegigihan Yusuf untuk meraih cita-citanya itupun membuat banyak warganet salut. Setelah melewati proses yang panjang, Yusuf Wonda kini diketahui sudah resmi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Dilansir dari Merdeka.com (10/02/2021), berikut ulasan selengkapnya:

Perjuangan Yusuf Wonda Jadi TNI

Video Yusuf Wonda yang berbekal nasi putih dan tahu saat mengikuti seleksi masuk TNI, sebelumnya sempat viral di berbagai platform media sosial. Seorang prajurit merekam dan membagikan momen saat Yusuf Monda tengah makan bekal seadanya di pelataran Makorem, di saat teman-temannya yang lain sibuk makan di kantin ketika istirahat.

Videonya itupun kemudian menjadi viral dan mengundang banyak simpati dari warganet. Banyak dari mereka mendoakan agar Yusuf Wonda bisa meraih cita-citanya menjadi seorang prajurit TNI.

Setelah mengikuti beberapa tes dan ujian masuk, Yusuf pun lolos untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) TNI AD Gelombang I TA 2020 di Rindam XVII/Cenderawasih.

Selesai Pendidikan dan Resmi Dilantik

Setelah mengikuti proses pendidikan yang panjang, Yusuf Wonda resmi dilantik menjadi prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua (Prada) pada 28 Januari 2021 lalu. Melalui video yang diunggah oleh akun Instagram @jurnalmiliter, Yusuf Wonda pun mengungkapkan rasa bangganya setelah akhirnya berhasil bergabung bersama satuan Angkatan Darat.

“Saya merasa bangga pada pagi hari ini, saya telah menutup atau menempuh pendidikan kejuruan infanteri. Saya mengucapkan terima kasih kepada pembina, pelatih, para komandan, yang telah mendidik saya selama menempuh pendidikan di rindam Cenderawasih. Saya merasa bangga telah menjadi prajurit dua, dan saya akan semangat untuk melaksanakan tugas di satuan mana saya akan ditempatkan,” ucap Yusuf Wonda

Pesan Yusuf Monda

Di akhir video, tak lupa Yusuf Wonda juga memberikan semangat untuk para pemuda dan pemudi, serta siswa Secaba dan Secata yang tengah berjuang meraih cita-cita. Ia berpesan, kepada semua pemuda untuk selalu semangat dan jangan pernah menyerah.

“Untuk adik-adik se Tanah Air khususnya untuk di Papua, mari raih masa depanmu daftar TNI. Jangan pernah kalian putus asa, jangan pernah kalian menyerah, terus tetap semangat, berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan agar Tuhan membukakan jalan, agar kalian bisa menjadi seperti saya, menjadi prajurit. Dan untuk adik-adik yang sedang menempuh pendidikan Secata atau Secaba, janganlah kalian pantang menyerah, jangan pernah putus asa,” ungkapnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: