Kegigihan Uzma Nawaz, Montir Wanita Pertama Di Pakistan

FOTO: brilio.net/indolinear.com
Sabtu, 24 Agustus 2019

Indolinear.com, Pakistan – Wanita berusia 24 asal Pakistan, Uzma Nawas menjadi sorotan masyarakat global. Uzma Nawas adalah salah satu montir mobil perempuan pertama di Pakistan. Montir atau pekerja bengkel adalah profesi yang biasanya didominasi oleh kaum pria. Namun, bukan berarti perempuan tak bisa bekerja di bidang ini.

Uzma menghabiskan waktu bertahun-tahun menghadapi stereotip gender dan hambatan finansial untuk mendapatkan gelar akademis di bidang teknik mesin dan bahkan Uzma berjuang untuk bekerja di bengkel perbaikan mobil di timur Multan, Pakistan.

Melansir dari Brilio.net (22/08/2019), Nawaz menceritakan tentang segala masalah yang dihadapinya dalam budaya patriarki. Persepsi patriaki sendiri menganggap laki-laki sebagai pemegang kekuasaan. Uzma tak tinggal diam, wanita yang berasal dari kota kecil Duniya Pur di Punjab, Pakistan Timur ini terus gigih berjuang menyelesaikan pendidikan akademisnya. Dalam mencapai menempuh pendidikan, Uzma tetap semangat meskipun menghadapi keterbatasan keuangan.

Pencapaian Uzma amat langka bagi para perempuan Pakistan, terutama wilayah pedesaan. Mereka dipaksa untuk menikah muda dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengurus keluarga. Perjuangan Uzma untuk bertahan tak sia-sia. Kini ia mendapatkan pekerjaan di sebuah dealer terbesar di Kota Multan setelah lulus kuliah.

Uzma piawai dalam bongkar pasang ban mobil, memeriksa mesin, hingga menggunakan berbagai peralatan bengkel. Keahlian Uzma membongkar pasang mesin jadi pemandangan yang langka di Pakistan. Tak sedikit dari pelanggan yang terkejut saat di bengkel. (Uli)