Kecamatan Setu Sukses Gelar Pawai Taaruf MTQ Keenam Tangsel

FOTO: net/indolinear.com
Selasa, 27 Oktober 2015
loading...

Indolinear, Tangsel – Ribuan khafilah peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 6 tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) lakukan pawai taaruf mengawali kompetisi tersebut, pada Senin (26/10/2015). Tahun ini MTQ dipusatkan di Taman Kota II, Kecamatan Setu, mulai dari hari ini hingga Kamis (29/10/2015) mendatang.

 

Kecamatan Setu telah sukes mengundang 7 ribu warga Tangsel untuk ikut menyemarakan MTQ tingkat Tangsel yang diawali dengan Pawai Taaruf. Menyambut rombongan pawai, duduk di atas panggung Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kepala Polres Tangsel Ayi Supardan, Waka Polres Kompol Bahtiar Alponso, Ketua DPRD M.Ramlie, Plt Sekda Muhamad, Ketua Kamenag Zainal Airifin, Ketua MUI Tangsel KH. Saidi, dan sejumlah tokoh masyarakat serta kepala SKPD lainnya.

 

Terlihat iring-iringan petugas Dishub menunggang kuda. Setidaknya ada empat penunggang kuda yang mengawali pawai, kemudian dibelakangnya ada para rider Dishub juga yang ikut mengawali. Dibarisan belakangnya terdapat barisan Paskibra Tangsel, dengan masing-masing mengibarkan bendera Merah Putih.

 

Dibelakangnya terdapat rombongan SKPD dari jajaran Asda I, II, dan III. Kemudian disusul rombongan kafilah atau utusan dari masing-masing kecamatan, seperti juara MTQ kemarin di tahun lalu dari Kecamatan Ciputat, dan beberapa kecamatan di belakangnya.
Terlihat pada pawai taaruf ini masing-masing kecamatan membawa rombongannya seperti masing-masing kelurahannya.

 

Selain itu Tokoh masyarakat, lintas sektoral, madrasah, para guru, posyandu, dan elemen masyarakat lain juga hadir agar ikut menyemarakan. Terlihat pasangan Kang Nong Tangsel dengan baju adatnya, ondel-ondel, barongsai, pencak silat, kuda lumping, reog dan kesenian dari beragam daerah ditampilkan dalam pawai ini.

 

Rombongan Kecamatan Setu didampingi langsung oleh Camat Setu Wahyudi Leksono dengan seragam lengkapnya mewakili unsur pemerintahan. Barongsai, pencak silat, ondel-ondel, paskibra, drum band, unsur PGRI, pelajar, majeli taklim, qoidah, PKK dan lainnya ikut meramaikan dalam pawai tersebut. Diungkapkan Kepala Harian LPTQ Dimyati Sajari, untuk tahun ini terdapat 420 peserta yang ikut serta.

 

Setiap kecamatan mengirimkan 40 peserta, untuk mengikuti 10 mata lomba dengan 26 golongan,” ujarnya, ditemui disela kegiatan Pawai Taaruf MTQ VI. 


Untuk mengawal MTQ, setidaknya ada 115 hakim yang sudah dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjuri MTQ. Sehingga, diharapkan MTQ Tangsel akan menghasilkan juara yang kompetitif untuk dikirim ke Provinsi Banten.


Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan pawai ini jadi satu rangkaian kegiatan pembuka gelaran kompetisi MTQ se Tangsel.

 

“Harapan kita akan dapat bibit khafilah baru yang berkualitas untuk kejuaran MTQ tingkat Provinsi tahun depan. Sebab kita mesti lakukan persiapan lebih lama, agar keberhasilan yang pernah diraih tahun ini bisa diraih tahun depan,” jelas Airin. (sophie)