Kecamatan  Ciputat Timur Gelar Lomba Kebersihan di 18 Titik

sophie/indolinear.com
Kamis, 9 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Menyambut perayaan HUT Ke-9 Kota Tangerang Selatan yang diperingati setiap 26 November, warga di Kecamatan Ciputat Timur mengikuti lomba kebersihan. Program ini bertujuan untuk terus memotivasi warga agar terus menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

Kegiatan ini digelar selama dua hari pada 8-9 November 2017 yang melibatkan enam wilayah kelurahan sebagai peserta. Panitia penyelenggara menyediakan beragam jenis hadiah bagi para pemenang.

“Tidak hanya pada saat ada lomba saja. Sudah menjadi tanggung jawab bersama bagi kita semua untuk terus menjaga kebersihan,” ungkap Camat Ciputat Timur, Durahman di Jalan WR Supratman, Kamis (9/11/17).

Menurutnya, ada 18 titik pemukiman yang menjadi objek penilaian dalam lomba kebersihan kali ini. Setiap kelurahan peserta mengusung tiga RW.

Pada hari pertama rangkaian penilaian, Camat Ciputat Timur Durahman ikut serta terjun kelapangan meninjau setiap RW yang ikut serta lomba. Disela kegiatan ia mengungkapkan kegiatan ini juga akan disusul dengan perlombaan yang lainnya.

Namun esensi yang perlu dipetik dari lomba kebersihan ini adalah menjaga lingkungan bersih menjadi kewajiban bersama.

“Jadi bukan hanya saat ada lomba saja bersih-bersih merapikan lingkungan tapi harus setiap hari dilakukan,” terangnya.

Dewan juri melibatkan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan. Dewan juri menilai sesuai dengan kondisi yang ada, baik dari aspek menajemen pengolahan sampah.

Seperti bank sampah dan lain-lain serta pemantauan potensi jentik di saluran air. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Ciputat Timur, Tin Kartiyantie menambahkan perlombaan ini tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya.

Sebelum ada perlombaan diadakan penyuluhan kepada masing-masing kelurahan ini sebagai bagian dari implementasi secara nyata. “Kami sebelumnya telah memberikan penyuluhan tentang kebersihan di tingkat RW di setiap kelurahan. Untuk membuktikan apakah ilmu yang sudah diberikan diterapkan atau tidak, kami adakan lomba dan terbukti mereka menerapkan,” tambahnya.

Adapun wilayah Kecamatan Ciputat Timur dengan luas sekitar 16,42 kilometer persegi antara lain terdiri dari Kelurahan Rengas, Rempoa, Cirendeu, Pondok Ranji, Cempaka Putih dan Kelurahan Pisangan.(sophie/fin)