Karnaval Puncak HUT RI ke-72 RI diadakan di Bandung

liputan6com/indolinear.com
Minggu, 27 Agustus 2017
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Karnaval kemerdekaan tahun ini digelar di Bandung, 26 Agustus 2017. Sebelumnya acara ini sukses digelar di Pontianak pada 2015 dan Danau Toba pada 2016. Mengusung tema besar “Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama”, karnaval ini akan menampilkan sejuta pesona Jawa Barat kepada para wisatawan yang datang.

Premita Fifi selaku Ketua Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan menjanjikan suguhan karnaval kemerdekaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pihak panitia hanya menjadi fasilitator, dan acara sepenuhnya dipegang oleh seniman, budayawan, dan insan kreatif Kota Bandung.

“Karnaval Kemerdekaan tahun ini sangat spesial karena menampilkan beragam ekspresi seni dari seluruh daerah di Indonesia. Melalui seni tari, musik, dan seni rupa, peserta karnaval menampilkan budaya tradisional yang dipadukan dengan seni kontemporer,” ungkap Premita.

Karnaval diikuti rombongan hobi dari Paguyuban Sepedah Baheula dan Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia. Disusul dengan parade kampung adat dan budaya yang mengetengahkan budaya Cigugur Kuningan, Kampung Naga Salawu Tasik, Kampung Adat Kuta Ciamis, Kampung Ujung Jaya Kadipaten Rancakalong Sumedang, Negara Banceuy Subang, Dukuh Pamengpeuk Garut, Cikondang Ciwidey, Adat Ciptagelar Sukabumi, Cangkuang Garut, Mahumud Kabupaten Bandung, Kampung Urug Bogor, Kampung Adat Giri Jaya Gunung Halimun Sukabumi, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, dan Keraton Sumedang Larang.

Lebih dari itu, panitia penyelenggara juga menghadirkan beberapa festival besar yang ada di Indonesia, mulai dari Jember Fashion Carnival hingga Solo Batik Carnival.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, mengatakan, tahun ini giliran Bandung menjadi kota penyelenggara, setelah sebelumnya Pontianak dalam Karnaval Khatulistiwa dan Balige dengan naman Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Ratusan ribu orang hadir memeriahkan acara tersebut.

“Jadi tak hanya mendatangkan wisatawan mancanegara, tapi juga menjadi interaksi antar-warga masyarakat. Bandung juga nanti akan demikian, suasana kebersamaan itu dapat dirasakan. Masyarakat ikut menikmati karnaval, bukan hanya sekadar menonton, tapi juga ikut berbusana Nusantara, sehingga menjiwai dan merasa memilki karnaval Kemerdekaan yang kali ini mengangkat Pesona Parahyangan,” ungkap Menteri Arief.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo rencananya juga menghadiri rangkaian kegiatan Karnaval Kemerdekaan di Bandung ini. Jokowi tidak saja membuka acara, namun turut berpartisipasi dalam karnaval dengan mobil hias bersama Ibu Negara.

Rute karnaval kemerdekaan sendiri mengambil start dari Simpang Lima menuju Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, dan finish di Alun-Alun Kota Bandung. Ribuan peserta diperkirakan akan meramaikan karnawal ini, dengan urutan dimulai dari drumband Changka Panorama Secara TNI-AD, Kuda Kavaleri TNI AD, kendaraan media (bandros), kendaraan Presiden RI, Anoa, kendaraan para menteri, dan kendaraan antik Presiden RI pertama, Soekarno. (Gie)